> >

Simak! Begini Cara Beli Solar Subsidi Pakai Kode QR MyPertamina

Tips, trik, dan tutorial | 5 Desember 2022, 06:10 WIB
Cara membeli Solar Subsidi menggunakan QR Code MyPertamina (Sumber: Antaranews)

SOLO, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba penggunaan kode QR atau QR code subsidi tepat dari aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar subsidi.

Uji coba pembelian solar subsidi dengan kode QR sudah berlaku sejak 1 Desember 2022 di 11 kabupaten/kota.

"Uji coba penerapan kode QR subsidi tepat untuk Solar subsidi kini sudah mulai dilakukan di beberapa wilayah terpilih sebagai upaya persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat," tulis akun Instagram resmi @mypertamina, Sabtu (3/12/2022).

Adapun 11 kabupaten/kota yang SPBU-nya sudah menerapkan pembelian dengan QR code untuk Solar subsidi yakni Kota Payakumbuh di region Sumatera Barat, Kabupaten Pandeglang di region Banten, Kabupaten Ciamis di region Bandung, dan Kabupaten Kuningan di region Cirebon.

Lalu berlaku pada Kabupaten Jepara di region Semarang, Kabupaten Cilacap di region Tegal, Kabupaten Wonogiri di region Yogyakarta, Kota Mojokerto di region Surabaya, Kota Kediri di region Kediri, Kabupaten Lumajang di region Malang, Kota Banjarmasin di region Kalimantan Selatan.

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut yang ingin mengisi solar akan diminta untuk menunjukkan kode QR di aplikasi MyPertamina pada petugas di SPBU. Kemudian, petugas akan memindai kode QR sebelum melakukan transaksi.

Sebagai catatan, kode QR tidak wajib diakses melalui gadget, karena kode QR dapat dicetak dan dibawa ke SPBU saat akan mengisi bahan bakar.

Adapun untuk mendapatkan kode QR tersebut, kendaraan roda empat diwajibkan telah terdaftar dalam program Subsidi Tepat MyPertamina.

Lalu bagaimana cara daftar dan beli solar subsidi menggunakan kode QR MyPertamina?

Pelanggan cukup mendaftarkan kendaraan beserta data diri ke subsiditepat.mypertamina.id.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU