> >

3 Cara Menyimpan Bawang Kupas, Awet hingga 6 Bulan

Tips, trik, dan tutorial | 13 April 2022, 08:58 WIB
Cara menyimpan bawang kupas sedikit berbeda dengan bawang utuh. (Sumber: Freepik via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cara menyimpan bawang kupas sedikit berbeda dengan bawang utuh. Sebab bawang kupas mudah mengering, layu, berjamur, berubah warna menjadi kebiruan sehingga tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, untuk membuat potongan bawang lebih tahan lama, simpan dengan cara yang tepat. Dengan begitu, dapat menyimpan potongan bawang lebih tahan lama sebagai stok memasak. Kian praktis dan makin hemat waktu.

Sebelum disimpan, pastikan bawang dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan bakteri sekaligus kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Bawang yang disimpan dalam kondisi bersih akan membuatnya semakin tahan lama.

Baca Juga: Kenapa Mata Terasa Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang?

Berikut cara menyimpan bawang kupas melansir dari All Recipes dan Live Strong.

1. Simpan di wadah kedap udara

Bawang yang sudah dikupas sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau kantung zip lock. Kemudian, simpan wadah tersebut di kulkas agar tahan lama.  Walau mungkin kehilangan aromanya, tapi bawang putih atau bawang merah kupas biasanya dapat bertahan hingga satu minggu.

2. Simpan dalam cuka

Ada cara menyimpan bawang kupas agar tahan lama. Caranya yakni dengan menyimpannya di cuka, baik cuka anggur atau cuka putih.

Bawang yang disimpan di cuka dapat diletakkan di suhu kamar ataupun di kulkas. Jika ingin mempertahankan aromanya, buang bawang yang mulai berjamur agar tak menyebar ke umbi lainnya.

Baca Juga: Benarkah Memasukkan Bawang Putih ke Hidung Redakan PIlek? Ini Risikonya Kata Pakar

3. Bekukan di freezer

Jika ingin lebih awet, bawang putih atau bawang merah kupas dapat dicincang lalu disimpan di freezer. Tempatkan bawang putih cincang di nampan es batu supaya lebih mudah diambil.

Penulis : Dian Septina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU