> >

Cara Membuat Racun Tikus Alami dengan Daun Pandan, Hewan Pengerat di Rumah Kabur Seketika

Tips, trik, dan tutorial | 15 Februari 2022, 11:01 WIB
Ilustrasi cara membuat racun tikus alami dengan daun pandan (Sumber: AP Photo/Rick Rycroft, File)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Racun tikus alami adalah salah satu cara untuk mengusir hewan pengerat tersebut yang bersarang di rumah.

Alternatif racun tikus alami dinilai lebih aman karena hanya akan berdampak pada tikus dan cenderung tidak membahayakan makhluk hidup lain.

Diketahui, racun tikus dengan pestisida bisa berbahaya bagi kesehatan jika terpapar langsung ke kulit, menghirup udara dan mengosumsi makanan yang sudah tercemar.

Keberadaan tikus yang kerap berseliweran di dapur, gudang, atau plafon rumah kadang sangat menggangu aktivitas.

Selain itu, ruangan yang menjadi sarang tikus biasanya akan lebih berantakan dan penuh dengan kotoran yang bisa menjadi bibit penyakit.

Baca Juga: Dua Bahan Alami Ini Ternyata Bisa untuk Membuat Racun Tikus, Aman untuk Hewan Peliharaan

Salah satu bahan alami yang bisa mengusir tikus adalah daun pandan. Bahan membuat kue ini memiliki bau khas yang tidak disukai hewan pengerat.

Berdasarkan penelitian "Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) Sebagai Pengusir Hama Tikus Sawah (Rattus Argentiventer)" daun pandan efektif dalam mengusir tikus.

Penelitian tersebut menggunakan dua pakan padi yang dibiarkan selama 24 jam. Salah satunya ada yang diberi ekstrak dan yang lainnya tidak diberi ekstrak daun pandan.

Berdasarkan hasil penelitian dalam skala laboratorium, bau daun pandan ternyata berpengaruh terhadap aktivitas makan tikus.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : researchgate.net, grid.id


TERBARU