> >

Doddy Sudrajat Ingin Tes DNA ke Gala Sky, Begini Cara Kerja dan Besaran Biayanya

Tips, trik, dan tutorial | 22 Desember 2021, 16:54 WIB
Orangtua mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat dan istrinya Puput tiba di Pengadilan Agama Jakarta Barat Selasa (30/11/2021) untuk menghadiri sidang perdana hak asuh Gala Sky anak Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel. Kini Doddy ingin lakukan tes DNA ke Gala Sky. (Sumber: Tribunnews.com/Alivio)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, dikabarkan akan lakukan tes DNA kepada cucunya, Gala Sky Andriansyah.

Hal tersebut dilakukannya karena Doddy meragukan bahwa Febri Andriansyah alias Bibi merupakan ayah kandung Gala Sky.

Rencana tersebut sontak membuat Doddy menuai kecaman dari netizen. Di sisi lain, keluarga Bibi juga menyayangkan sikap Doddy.

Baca Juga: Terkumpul Rp2,5 Miliar, Ayah Bibi Andriansyah Lunasi Rumah untuk Gala Sky di Hari Ultah Vanessa

Apa itu tes DNA? 

Melansir Cleveland Clinic, Rabu (22/12/2021), tes DNA atau deoxyribonucleic acid merupakan tes yang dilakukan dengan mencocokkan materi genetik yang diwarisi ibu dan ayah kepada anak.

Tes DNA paternitas yang menggunakan DNA biasanya mengambil sampel dari cheek swabs dan digunakan untuk menentukan apakah pria ini merupakan ayah biologis dari anak tersebut.

Tes DNA paternitas memiliki tingkat akurasi hingga 99,9 persen untuk menunjukkan bahwa orang tersebut merupakan keturunan biologis.

Baca Juga: Ayah Bibi Akui Rebutan Hak Perwalian Gala Sky dengan Doddy Sudrajat: Sudah Enggak Kondusif

Bagaimana cara kerja tes DNA?

Terdapat dua cara untuk melakukan tes DNA, yakni melalui tes darah dan cheek swabs. Keduanya memiliki tingkat akurat yang sama.

Tes darah dilakukan dengan mengambil sampel darah, baik darah anak dan darah ayah. Sementara cheek swabs dilakukan dengan mengambil sampel dar bagian dalam pipi untuk mengambil sel bukal (pipi).

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Cleveland Clinic/Kompas.com


TERBARU