> >

Benarkah Memasukkan Bawang Putih ke Hidung Redakan PIlek? Ini Risikonya Kata Pakar

Tips, trik, dan tutorial | 7 Desember 2021, 09:42 WIB
Bawang putih. Sebagian orang percaya bahwa memasukkan satu siung bawang putih mentah ke hidung dapat menghilangkan hidung tersumbat. (Sumber: Freepik)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian orang percaya bahwa memasukkan satu siung bawang putih mentah ke hidung dapat menghilangkan hidung tersumbat.

Ternyata, bawang putih tidak akan membantu mengatasi hidung tersumbat dan bahkan bisa memperburuknya.

Otolaryngologist Raj Sindwani, MD, menjelaskan tentang apakah trik ini memang tip atau tren yang harus dihindari.

Beberapa pengguna TikTok telah membagikan video diri mereka dengan satu siung bawang putih di lubang hidung mereka, sebuah trik yang mereka katakan dapat meredakan hidung tersumbat yang terkait dengan sinus, pilek, dan alergi.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Mengonsumsi Cuka Sari Apel saat Pilek

Saat bawang putih dikeluarkan, ingus mengalir keluar  tampaknya merupakan bukti bahwa triknya berhasil.

Tetapi Dr Sindwani mengatakan bahwa menyumbat lubang hidung Anda dengan sepotong bawang putih sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk, yang akan keluar saat dikeluarkan.

"Apa yang Anda lakukan adalah menempatkan iritasi ini ke hidung Anda - yang memiliki bau yang sangat kuat dan berbahaya," katanya, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Itu mengiritasi lapisan hidung, menyebabkannya menghasilkan lendir yang meningkat sementara juga menjebak lendir yang sudah Anda miliki.”

Dengan kata lain, Anda membuat masalah menjadi lebih buruk, bukan lebih baik.

Apakah aman memasukkan bawang putih ke dalam hidung Anda?

Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan – tetapi menempelkan bawang putih mentah ke hidung Anda untuk menghilangkan pilek bukanlah salah satunya.

“Ada beberapa komplikasi yang bisa timbul darinya,” kata Dr Sindwani.

“dan pada akhirnya, itu juga tidak akan membantu Anda.” Dan mengapa menempelkan bawang putih di hidung Anda jika itu tidak berhasil?

Tetapi jika pemikiran tentang lendir ekstra tidak cukup untuk mengalihkan Anda dari tren ini, berikut adalah risiko potensial lainnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU