> >

Makanan yang Baik bagi Penderita Gigi Sensitif

Tips, trik, dan tutorial | 20 September 2021, 13:18 WIB
Ilustrasi sakit gigi akibat makan daging (Sumber: Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gigi sensitif dapat sangat mengganggu ketika mengonsumsi makanan tertentu. Kondisi ini dapat menyebabkan gigi terasa nyeri dan linu.

Gigi sensitif biasanya terasa setelah menyantap makanan atau minuman panas atau dingin. Selain mengganggu aktivitas, gigi sensitif juga dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi gusi.

Sensasi linu disebabkan oleh menipisnya enamel pada gigi. Sejumlah faktor seperti retakan pada gigi, plak, serta lubang pada gigi pun dapat memperparah rasa nyeri atau linu.

Baca Juga: 9 Bahan Alami Pemutih Gigi yang Tersedia di Rumah

Kondisi tersebut dapat menyebabkan orang enggan menyantap makanan. Namun, bagi penderita gigi sensitif, terdapat beberapa bahan makanan yang ternyata dapat meredakan linu dan bantu mengatasi gigi sensitif.

Berikut sejumlah bahan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi penderita gigi sensitif sebagaimana disarikan Arlington Dental Center.

1. Produk olahan susu

Susu beserta produk olahannya seperti yogurt dan keju baik untuk gigi. Makanan yang berasal dari susu mengandung banyak kalsium yang penting untuk menguatkan gigi.

Produk olahan susu juga disebut bisa mengurangi kadar keasaman di mulut.

2. Apel

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU