> >

Jadi Tantangan, Ini Cara Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian Korban Banjir

Tips, trik, dan tutorial | 21 Februari 2021, 08:20 WIB
Sejumlah warga Nganjuk dievakuasi di pengungsian banjir, Minggu 14 Februari 2021 malam. (Sumber: Tagana via Tribunnews.com)

SOLO, KOMPAS.TV- Banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir. Tak sedikit pula banyak warga yang mengungsi lantaran rumah mereka kebanjiran. 

Mengungsi di sejumlah titik pengungsian apalagi saat pandemi Covid-19 masih berlangsung seperti saat ini tentu menjadi sebuah tantangan agar tidak muncul kemungkinan terjadinya penularan virus Corona. 

Baca Juga: Banjir Cipinang Melayu Mulai Surut, Warga Pilih Tetap di Pengungsian

Untuk itu, masyarakat Indonesia yang terdampak banjir di berbagai daerah dan harus mengungsi, diminta untuk meningkatkan proteksi diri dari penularan virus tersebut. 

Melansir Kompas.com, Dicky Budiman seorang epidemiologi dari Griffith University mengungkapkan ada hal lain yang harus diperhatikan saat terpaksa mengungsi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, saat terpaksa harus mengungsi, hal yang wajib diperhatikan adalah interaksi antar orang. Setiap orang harus tetap menjaga jarak.

Baca Juga: Banjir Belum Surut, Warga Bertahan di Pengungsian

"Tentu ini (pengungsian) harus disiapkan, diantisipasi. Karena situasi pengungsian sangat padat," imbuhnya. 

Sejumlah cara pencegahan penularan virus corona di tempat pengungsian, yaitu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tetap wajib dipatuhi pengungsi dan petugas," ungkapnya. 

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU