> >

Manfaat Rebusan Kayu Manis, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Berat Badan

Lifestyle | 10 Januari 2023, 19:12 WIB
Ilustrasi rebusan kayu manis. (Sumber: Pexels/Ngô Tr ng An)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kayu manis merupakan salah satu rempah yang kerap ditemui sebagai bumbu dapur. Di balik aromanya yang wangi, kayu manis rupanya bisa dijadikan rebusan yang memiliki segudang manfaat.

Cukup merendamnya dengan air mendidih atau ditumbuk menjadi bubuk kemudian diseduh, rebusan kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan.

Melansir dari Healthline, berikut manfaat rebusan kayu manis.

Baca Juga: Rebusan Daun Salam Bisa Cegah Pembentukan Karang Gigi, Ini Cara Membuatnya

Menurunkan kadar gula darah

Kayu manis memiliki efek antidiabetes yang kuat sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Gulungan kayu ini bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab mengeluarkan gula dari aliran darah.

Senyawa yang ditemukan di kayu manis bekerja dengan menurunkan resistensi insulin sehingga dapat meningkatkan efektivitas insulin.

Tak hanya itu, kayu manis juga dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat di usus sehingga mencegah kadar gula darah melonjak setelah makan.

Menurunkan berat badan

Sejumlah studi mengaitkan asupan rebusan kayu manis dengan penurunan lemak atau pengurangan lingkar pinggang. Studi lain juga menemukan bahwa rebusan kayu manis dapat mengontrol asupan kalori dengan baik.

Pada studi yang lebih komprehensif, ditemukan bahwa responden dapat mengurangi 0,7 persen massa lemak dan mendapatkan 1,1 persen massa otot setelah mengonsumsi 5 sendok teh atau 10 gram bubuk kayu manis (yang diseduh) per hari selama 12 minggu.

Anda dapat menirunya untuk menurunkan berat badan, tetapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi kayu manis dalam jumlah besar cukup berbahaya bagi hati.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Purwanto

Sumber : Healthline


TERBARU