> >

Pernikahan Kaesang-Erina: Pagi Ini Calon Pengantin Jalani Prosesi Siraman, Ada Tradisi Cethik Geni

Selebriti | 9 Desember 2022, 05:52 WIB
Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di bawah pohon beringin tuai sorotan netizen. (Sumber: Instagram/@erinagudono)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, serta calon istri Kaesang, Erina Gudono, akan menjalani prosesi siraman di Yogyakarta dan Solo pagi ini, Jumat (9/12/2022).

Prosesi siraman Erina akan dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB di rumahnya di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, Kaesang juga akan menjalani prosesi siraman di rumahnya di Solo pada waktu hampir bersamaan.

Selain siraman, keluarga Erina juga akan menjalani prosesi adat 'Cethik Geni Pisanan' pada hari ini, Jumat (9/12). 

Tradisi ini akan dilakukan oleh pihak keluarga Erina sebagai simbol menyalakan api pertama untuk menjamu tamu. Membuat api yang pertama inilah disebut cethik geni.

"Yang nyethik (geni) nanti Bapak atau yang mewakili (dari keluarga Erina)," kata salah seorang panitia acara, Anjas Larasati, saat mempersiapkan dekorasi di depan rumah Erina, Rabu (7/12/2022), dikutip dari pemberitaan Kompas TV.

Baca Juga: Pedagang Angkringan di Solo Dapat Undangan Pernikahan Kaesang-Erina: Bangga, Saya Orang Kecil

Dalam tradisi cehtik geni ini, dekorasi dapur kuno dibuat di bagian depan rumah Erina, tepatnya di garasi. 

Dapur kuno tersebut terbuat dari gedek (anyaman bambu), anyaman jerami dan peralatan masak zaman dahulu seperti gerabah, kayu maupun kuningan.

Anjas mengatakan, dalam tradisi cethik geni ini yang dimasak biasanya adalah beras atau masak nasi pertama. Tradisi ini dilakukan bagi keluarga di Yogyakarta yang memiliki hajat mantu pertama.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU