> >

Ini 5 Lokasi Syuting Film Horor di Indonesia, dari Rusun Terbengkalai hingga Pulau Tak Berpenghuni

Film | 5 Agustus 2022, 15:00 WIB
Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018). (Sumber: KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak sedikit lokasi syuting film horor yang kemudian menjadi populer dan dikunjungi orang. Bahkan, kini justru dijadikan sebagai destinasi wisata.

Para wisatawan pun berbondong-bondong berkunjung untuk memancing adrenalin dan menjawab rasa penasaran mereka.

Berikut lokasi syuting asli dari beberapa film horor terkenal, dilansir dari berbagai sumber.

1. Rumah Susun - Pengabdi Setan 2

Rumah susun (rusun) di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat sempat viral di media sosial dan disebut sebagai lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion.

Sutradara Joko Anwar perlu waktu berbulan-bulan untuk mencari rusun ini sebagai latar film Pengabdi Setan 2: Communion. Bangunan itu diketahui telah terbengkalai selama 15 tahun.

2. Rumah Tua Pangalengan - Pengabdi Setan

Penonton film Pengabdi Setan yang di-remake oleh Joko Anwar pada tahun 2017, tentu sudah tidak asing dengan rumah yang satu ini. Lokasinya yang berada di tengah perkebunan membuat suasana angker rumah ini terasa.

Berlokasi di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamuksi, Pangalengan, Bandung, rumah tua dengan dinding kayu itu menjadi gambaran depan rumah tempat tinggal 'Ibu’. Sementara lokasi syuting menggunakan rumah kosong tepat di belakang rumah tersebut.

Baca Juga: Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Diungkap Joko Anwar, 15 Tahun Kosong, Lantai 7 Dilarang Masuk

3. Jembatan Plunyon - KKN di Desa Penari

Lokasi syuting film KKN di Desa Penari dilakukan di kota Yogyakarta. Lokasinya di sebuah rumah di tengah perkebunan Pedukuhan Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Rumah ini sendiri disebut sudah tak ditempati lagi setelah selesai digunakan syuting.

Selain tempat tersebut, lokasi syuting film KKN di Desa Penari yang terkenal adalah jembatan Plunyon, Kalikuning yang terletak di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Jembatan ini menjadi tempat saat para mahasiswa KKN pertama kali sampai di Desa Penari.

Penulis : Dian Septina Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU