> >

Cair Bulan Februari 2024, Begini Cara Cek Penerima Bansos BLT Rp600 Ribu

Keuangan | 31 Januari 2024, 19:02 WIB
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp600 ribu. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada bulan Februari 2024, bantuan langsung tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan akan disalurkan kepada masyarakat miskin yang termasuk dalam keluarga penerima manfaat (KPM). 

BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah bentuk bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin untuk mengatasi potensi lonjakan inflasi yang terkait dengan pergeseran musim panen dan perayaan hari besar keagamaan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, BLT Mitigasi Risiko Pangan ini akan disalurkan selama periode tiga bulan, yakni Januari hingga Maret 2024.

Besaran bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp200.000 per bulan, sehingga totalnya mencapai Rp600.000. 

"Bantuan langsung tunai dengan judul mitigasi risiko pangan untuk 3 bulan, itu akan dievalusasi tiga bulan lagi," ujar Airlangga dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Meskipun periode pelaksanaannya dimulai pada Januari, Airlangga menyebutkan, BLT itu rencananya baru disalurkan pada Februari 2024.

"Tiga bulan pertama diberikan sekitar bulan Februari," katanya.

Baca Juga: 9 Anggota KPPS Cilacap Keracunan Makanan

Info Pencairan BLT Rp600.000 Februari 2024

Adapun target penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan sama dengan BLT El Nino, yakni sebanyak 18,8 juta KPM, yang datanya berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU