> >

Jokowi Akui Ada Kebocoran Pupuk Subsidi, Dinikmati yang Bukan Petani

Ekonomi dan bisnis | 3 Januari 2024, 14:54 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau panen raya di Subang, Jawa Barat, Minggu (8/10/2023). (Sumber: Antara/SIGID KURNIAWAN)

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui ada pupuk subsidi yang bocor dan dinikmati oleh pihak yang bukan petani. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mengawasi penyaluran pupuk subsidi agar tak disalahgunakan. 

Hal ini disampaikan Jokowi usai menanam padi di Kalibogor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (3/1/2024). Jokowi juga mendengar keluhan petani soal harga jual pupuk subsidi yang mahal. 

“Itu harus dikontrol terus, distributor, pengecer, dikontrol jangan sampai pupuk subsidi dijual ke tempat yang bukan petani. Memang ada kebocoran seperti itu, tapi semuanya akan diawasi dan dikontrol," kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kenaikan Harga Beras Tak Setinggi di Negara Lain, tapi Jadi Penyumbang Inflasi 2023

Untuk menjamin pasokan pupuk subsidi, pemerintah telah menugaskan BUMN PT Pupuk Indonesia untuk menyediakan 1,7 juta ton pupuk untuk persiapan masa panen awal tahun ini. 

Jokowi juga menjamin petani akan lebih mudah membeli pupuk subsidi, yakni hanya dengan KTP. 

“Kemarin saya sudah sampaikan pembelian pupuk tak mesti pakai kartu tani bisa pakai KTP,” ujar Jokowi. 

Tahun ini, kata dia, pemerintah menambah alokasi anggaran untuk pupuk subsidi sebesar Rp14 triliun. Semua itu dilakukan untuk mendongkrak produksi beras pada masa panen Maret hingga April 2024.

Baca Juga: Jokowi Sebut 37 Jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa Harus Diperbaiki

"Saya ingin memastikan bahwa di awal Januari ini mulai menanam semuanya, karena hujan sudah turun, kebutuhan air sudah tercukupi dari hujan," tuturnya. 

Penulis : Dina Karina Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU