> >

Hacker Tawarkan Jasa Bobol myBCA Asal Bayar Rp7,5 Juta, BCA Minta Nasabah Tidak Sebar Data Rahasia

Perbankan | 27 Juli 2023, 12:07 WIB
Bank BCA mengingatkan para nasabahnya untuk berhati-hati dengan penipuan bermodus menawarkan masuk atau login ke akun myBCA. (Sumber: bca.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank BCA mengingatkan para nasabahnya untuk berhati-hati dengan penipuan bermodus menawarkan masuk atau login ke akun myBCA. EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, akses masuk ke myBCA hanya dapat dilakukan dengan menggunakan BCA ID dan password yang dibuat oleh nasabah sendiri.

“Transaksi finansial hanya dapat dilakukan dengan PIN yang hanya diketahui oleh nasabah,” kata Hera dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/7/2023).

Begitu juga dengan website myBCA. Akses masuknya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan BCA ID dan password yang dibuat oleh nasabah sendiri.

“Transaksi finansial hanya dapat dilakukan dengan OTP (One Time Password) dari token KeyBCA,” ujarnya.

“Oleh karena itu, BCA senantiasa mengimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA dan berbagai modus penipuan yang bertujuan untuk mengetahui data nasabah,” ujarnya.

Baca Juga: Viral Notifikasi Peringatan Virus BCA Mobile, Bos BCA Sebut Itu Hoaks dan Mengada-ada

Hera mengingatkan nasabah untuk tidak pernah membagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti BCA ID, password, nomor kartu ATM, PIN, dan OTP kepada siapapun.

Di samping itu, kata dia, BCA juga terus melakukan pengamanan data dengan menerapkan strategi dan standar keamanan secara berlapis. Serta mitigasi risiko yang diperlukan untuk menjaga keamanan data dan transaksi digital nasabah.

“Seluruh strategi dan penerapan standar keamanan tersebut selalu dievaluasi dan di-update dari waktu ke waktu dengan memperhatikan perkembangan keamanan siber dan transaksi digital,” ucap Hera.

Mengutip dari Tribunnews.com, seorang threat actor atau kelompok pelaku kejahatan di dunia maya dengan nama akun @black, menawarkan jasa untuk login atau masuk ke akun bank myBCA apapun hanya dengan modal nama lengkap dan nomor rekening.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV, Tribunnews.com


TERBARU