> >

Asal-usul Perang Badar, Perang Dahsyat Umat Islam di Bulan Ramadan

Risalah | 13 April 2022, 10:56 WIB
Ilustrasi Perang Badar. Perang Badar adalah pertempuran besar pertama umat Islam melawan kaum Quraisy yang terjadi pada 17 Ramadan 2 H (13 Maret 624). (Sumber: Kompas.com )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu perang terbesar dalam sejarah umat Islam adalah peperangan yang disebut Perang Badar. Ini terjadi pada pertengahan bulan Ramadan.

Tepatnya, perang badar terjadi pada  hari jumat, 17 Ramadan tahun kedua hijriah atau pada 3 Maret 634 Masehi.

Dikisahkan, kekuatan umat Islam begitu kecil dibandingkan dengan pasukan Makkah, kumpulan dari pelbagai kabilah dari Quraysia yang ingin menghancurkan Nabi dan umat Islam.

Dikutip dari buku Sirah Nabawiyah Ar-Rahiq al-Makhtum karya Syaikh Syafiurrahman al-Mubarakfuri hal. 285-285, dikisahkan tentang perang yang disebut sebagai perang badar kubra.

Perang ini juga peperangan pertama dalam Islam dan menentukan masa depan Umat Islam berhadapan dengan kekuatan politik yang besar.

Pasukan Madinah atau kaum muslimin terdiri dari 313 pasukan saja dan dipimpin oleh Rasulullah. 86 orang dari Muhajirin, 61 orang dari suku Aus dan sisanya orang dari suku Khazraj.

Mereka hanya memiliki dua ekor kuda yang dimiliki oleh az-Zubair bin Awwam dan al-Miqdad ibn al-Aswad, 70 ekor unta yang ditunggangi secara bergantian, dan perlengkapan perang yang sangat minim.

Sedangkan pasukan Makkah terdiri dari sekitar seribu tiga ratus pasukan dan membawa lebih dari 100 ekor kuda dan pasukannya berbaju besi dan dipimpin oleh Abu Jahal bin Hisyam.

Singkat cerita, perang itu akhirnya dimenangkan oleh pasukan umat Islam. Lantas, apa yang melatarbelakangi peperangan tersebut?

Baca Juga: 11 Ramadan, Kisah Wafatnya Khadijah Istri Nabi Muhammad

Asal Usul Perang Badar di Bulan Ramadan

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU