> >

5 Lokasi Ziarah Makam Ulama di Jakarta, Bisa Dikunjungi sebagai Wisata Religi Ramadan

Tradisi | 2 April 2022, 05:25 WIB
Makam Mbah Priok di Jakarta Utara, salah satu tempat ziarah ulama yang paling sering dikunjungi peziarah saat Ramadan (Sumber: Dhoni Setiawan/Kompas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta yang sedemikian sesak ternyata menyimpan beberapa lokasi ziarah yang selalu ramai dikunjungi. Berikut ini merupakan makam-makam ulama bersejarah Jakarta sebagai wisata religi jelang atau selama Ramadan.

Bagi masyarakat muslim, selain berziarah ke makam keluarga yang sudah meninggal dunia, mengunjungi makam ulama adalah bagian dari tradisi khususnya jelang atau selama Ramadan.

Hal ini lantaran, para peziarah ingin mengenang jasa-jara para ulama terdahulu yang menyebarkan ilmu dan Islam. Selain itu juga ingin mendapatkan berkah dari para ulama ini. 

Makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara

Makam Mbah Priok ini terletak di dalam kawasan Makam Kramat Koja, merupakan salah satu tempat ziarah di Jakarta yang banyak dikunjungi peziarah jelang atau selama Ramadan.

Mbah Priok memiliki nama asli Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad. Ia lahir di Palembang tahun 1727 dan merupakan ulama legendaris yang dihormati dan makamnya banyak dikunjungi para peziarah. 

Baca Juga: Masjid Tua Al Mubarok, Saksi Bisu Kota Jakarta Berusia 495 Tahun

Makam Luar Batang, Jakarta Utara

Masjid Jami Keramat Luar Batang atau juga populer dengan sebutan Masjid Luar Batang. Tempat ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi di Jakarta.  

Tempat ini juga termasuk tempat wisata religi di Jakarta dan meruapakan sebuah bangunan ibadah bersejarah yang berada di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.

Di masjid ini terdapat makam seorang ulama bernama Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal dengan ‘Habib Husein’ atau Habib Luar Batang.

Baca Juga: Sosok Habib Ali Kwitang, Ulama Berpengaruh di Tanah Betawi

Makam Habib Ali di Kwitang, Jakarta Pusat

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU