> >

Ziarah Kubur Jelang Ramadan: Berikut Doa, Zikir dan Tata Caranya

Amalan | 26 Maret 2022, 15:59 WIB
Ilustrasi warga melakukan ziarah kubur di tempat pemakaman umum (TPU) Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Di bawah ini merupakan bacaan doa ziarah kubur yang bisa anda panjatkan jelang Ramadan. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang Ramadan, ada tradisi ziarah kubur yang biasa dilanggengkan dalam tradisi umat Islam Indonesia. Berikut ini merupakan doa dan tata cara ziarah kubur yang bisa diamalkan.

Sebelum lebih lanjut membahas ziarah kubur, bagaimana sih hukumnya?

Ustaz Hengky Ferdiansyah Lc, MA dari Elbukhari Institute menjelaskan tentang fenomena ziarah kubur yang dilakukan umat Islam, khususnya jelang Ramadan.

“Ziarah kubur itu diperbolehkan, bahkan disunahkan, karena dapat mengingatkan pada kematian,” kata ustaz Hengky saat dihubungi, Jumat (25/3/2022).

Ia lantas menukil hadis Rasulullah SAW, “dari Anas bin Malik ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Aku dulu pernah melarang berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah, karena sesungguhnya ia dapat mengingatkan kalian akan kematian.” (HR. Ahmad dan al Hakim).

Adapun ziarah kubur menjelang Ramadan, kata alumnus pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, merupakan tradisi saja di sebagian kalangan umat Muslim, khususnya di Indonesia.

“Karena mengunjungi sanak saudara, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, tidak dibatasi waktunya,” tambahnya.

Pada saat ziarah kubur pun dianjurkan memperbanyak zikir dan doa.

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad, Dibaca agar Rezeki Tidak Seret

Tata cara dan zikir, serta doa Ziarah Kubur

Ada beberapa zikir dan bacaaan yang bisa dibaca saat ziarah kubur. Antara lain:

  1. Membaca istighfar tiga kali.
  2. Membaca surat al-Fatihah.
  3. Membaca surat al-Ikhlas tiga kali.
  4. Membaca surat al-Falaq.
  5. Membaca surat an-Nas.
  6. Melafalkan kalimat tahlil tiga puluh tiga kali.
  7. Membaca doa.

Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur ke makam orang tua (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU