> >

Diberi Kesempatan 5 Hari, Paypal yang Diblokir Kominfo Alat Bayar Virtual Didirkan Elon Musk

Kebijakan | 1 Agustus 2022, 08:03 WIB
PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. (Sumber: Business Insider)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan akses penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum mendaftar Sabtu (30/7/2022).

Adapun delapan platform yang diputus yakni Amazon.com, Paypal, Yahoo.com, Epic Games, Steam, Dota, CS dan Origin.

Salah satu pemutusan layanan yang diprotes warganet yakni platform PayPal, karena dinilai merugikan bagi para pekerja freelance yang bekerja pada perusahaan luar dan mengandalkan PayPal sebagai pembayaran gaji mereka.

Namun, pada Minggu (31/7/2022) Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pemblokiran terhadap Paypal dihentikan sementera per Senin (1/8/2022) hingga Jumat (5/8/2022) pukul 23.59 WIB mendatang.

Semuel menyebut, langkah Kominfo tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia pengguna Paypal untuk bermigrasi ke platform jasa transfer uang lainnya.

"Kami kasih kesempatan lima hari kerja, mudah-mudahan ini cukup waktu masyarakat untuk cepat bermigrasi, tolong segera cari layanan lain," imbau Semuel melalui konferensi pers virtual Kominfo, Minggu (31/7/2022).

Lalu, apa sebenarnya kegunaan paypal sehingga membuat warganet resah karena diblokir Kominfo?

Apa itu PayPal?

Melansir dari berbagai sumber, PayPal adalah salah satu sistem pembayaran digital yang banyak digunakan di beberapa negara di dunia. Juga merupakan layanan keuangan online yang memungkinkan orang membayar barang menggunakan akun internet.

Sederhananya, PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. Namun, selain transaksi pembelian barang, PayPal juga bisa digunakan untuk menerima uang.

Baca Juga: Ini Alasan Kominfo Blokir dan Buka Kembali Paypal dalam 5 Hari Mulai Senin Besok

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU