> >

Luhut Sambut Menlu Wang Yi di Bali, Indonesia-China Perpanjang Kerja Sama Investasi

Ekonomi dan bisnis | 11 Juli 2022, 08:55 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menlu Retno Marsudi mengapit Menlu China Wang Yi, dalam pertemuan di Bali, Minggu (10/7/2022). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia dengan China akan memperpanjang sinergi Global Maritime Fulcrum – Belt and Road Initiative (GMF-BRI). Hal itu dibahas dalam pertemuan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menlu Retno Marsudi, bersama dengan Menlu China Wang Yi di Bali, akhir pekan lalu.

Ketiga menteri tersebut bertemu dalam Dialog Tingkat Tinggi Dan Mekanisme Kerja Sama (HDCM).

"Sebagai sahabat lama yang sudah lama mendukung terciptanya masyarakat senasib sepenanggungan, saya merasa tidak ada kata selain kebanggaan bahwa pertemuan kedua Dialog Tingkat Tinggi Dan Mekanisme Kerja Sama (HDCM) Indonesia dan Tiongkok bisa terwujud," kata Luhut lewat akun Instagram resminya, dikutip Senin (11/7/2022).

"Saya tentu menyambut bahagia pula kedatangan sahabat saya, Menteri Luar Negeri RRT, Mr. Wang Yi, di Bali kali ini untuk momen dialog yang amat penting bagi Indonesia dan Tiongkok," ujarnya.

Baca Juga: Deputi Luhut Tanggapi Kritik soal Beli Migor Pakai PeduliLindungi Sulitkan Rakyat

GMF-BRI adalah kerja sama pembangunan infrastruktur di Indonesia, yang bertujuan mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Pembangunan infrastruktur tersebut akan didanai oleh investor dari China lewat program BRI, atau Jalur Sutra Modern.

Luhut juga mengungkap Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke China di akhir bulan ini, untuk menandatangani perpanjangan perjanjian tersebut.

 

"Di hadapan seluruh delegasi RI dan RRT, saya bersama Menteri Luar Negeri @retno_marsudi menyampaikan agar sinergi Global Maritime Fulcrum – Belt and Road Initiative (GMF-BRI) yang merupakan kebijakan Indonesia dan Tiongkok, bisa segera diperpanjang kesepakatan MoU GMF-BRI tersebut. Sehingga dapat di-sign oleh Presiden @jokowi saat kunjungan beliau ke Tiongkok yang rencananya dilaksanakan pada akhir Juli 2022," ungkap Luhut.

Baca Juga: Luhut Puji Kepemimpinan Jokowi di Hari Ulang Tahun ke 61: Seringkali Beliau Melindungi Saya

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber :


TERBARU