> >

Soal Minyak Goreng, Luhut Ingin Petani, Masyarakat, dan Pengusaha Sama-sama Untung

Ekonomi dan bisnis | 5 Juni 2022, 19:48 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut saat ini pemerintah tengah mencari jalan tengah dalam mengatasi permasalahan minyak goreng di tanah air. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut saat ini pemerintah tengah mencari jalan tengah dalam mengatasi permasalahan minyak goreng di tanah air.

Dia menuturkan, selain memastikan ketersediaan stok dan harga minyak goreng yang terjangkau untuk masyarakat, pemerintah juga ingin menjamin pengusaha mendapatkan untung.

Hal ini disampaikan Luhut dalam Konferensi Pers secara daring tentang Update Ketersediaan dan Keterjangkauan Minyak Goreng, Minggu (5/6/2022) yang turut disaksikan KOMPAS.TV. 

Luhut mengatakan, di tengah kondisi global yang tidak menentu saat ini, pengendalian harga minyak goreng bukan pekerjaan mudah untuk dilakukan.

"Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan seimbangkan agar semua tujuan diharapkan bisa tepat sasaran, dan sekaligus kita memperbaiki tata kelola minyak goreng dan kelapa sawit," kata Luhut.

Luhut menambahkan, pemerintah akan menata urusan minyak goreng tidak hanya fokus di satu titik saja, melainkan dari hulu ke hilir.

"Sehingga berkeadilan, dan juga kesulitan ini tidak terjadi lagi, serta penerimaan negara akan bertambah," tegasnya. 

Dari sisi hulu, dia mengatakan, pemerintah ingin memastikan kesejahteraan petani sawit.

Sedangkan di sisi hilir, pemerintah harus menjamin masyarakat dapat mencari dan membeli minyak goreng dengan harga yang wajar.

Baca Juga: Luhut Jamin Harga Minyak Goreng Stabil: Masyarakat Tak Perlu Panik dan Galau

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU