> >

Luhut Ungkap Alasan SoftBank Mundur dari Investasi Pembangunan IKN

Ekonomi dan bisnis | 16 Maret 2022, 10:34 WIB
CEO Softbank Masayoshi Son. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasan batalnya investor kakap asal Jepang, SoftBank, berinvestasi di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Sumber: Forbes)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasan batalnya investor kakap asal Jepang, SoftBank, berinvestasi di proyek Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara.

Pertama, karena pendiri sekaligus CEO Softbank Masayoshi Son tidak akan lagi berada dalam Dewan Pengarah Pembangunan IKN.

Tadinya, dewan tersebut berisikan Masayoshi Son, Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) dan eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

"(Posisi Masayoshi di dewan pengarah) enggak lagi," kata Luhut kepada wartawan di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Sementara MBZ dan Tony Blair akan tetap di dalam dewan tersebut, pemerintah Indonesia akan mencari pengganti Masayoshi Son.

Menurut Luhut, alasan selanjutnya adalah pengaruh kinerja internal SoftBank. Yaitu, anjloknya saham perusahaan SoftBank.

Baca Juga: Skema Bisnis Softbank Jepang & IKN Tak Cocok, KSP Pastikan Mundurnya Investor Tak Hambat Pembangunan

"Kalau SoftBank itu memang dari awal sudah mundur dia sejak sahamnya drop," ucap Luhut.

Dalam 6 bulan terakhir, saham SoftBank di bursa saham Jepang memang anjlok. Pada September 2021 lalu masih diperdagangkan di di level 6.542 per lembar saham. Namun kini merosot 34,81 persen dan menjadi 4.265 per lembar saham.

Penulis : Dina Karina Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU