> >

Resmi Luncurkan Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Jokowi: Kekuatan Indonesia Ada di Sini

Ekonomi dan bisnis | 4 Desember 2021, 00:02 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kanan) dan Gubernur Bali Wayan Koster (kiri) menekan tombol sebagai tanda peresmian peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali. (Sumber: Sekretariat Presiden)

DENPASAR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021). 

Dalam sambutan peluncuran, Jokowi menuturkan di masa pandemi Covid-19 ini, ekonomi Bali mengalami kontraksi yang paling dalam dibandingkan provinsi-provinsi lain.

Pasalnya, sektor pariwisata yang diandalkan Bali ini adalah sektor yang paling awal terimbas, dan sektor yang pulih paling belakang.

Jokowi kemudianmenyebutkan terdapat tiga hal yang menjadi catatan dalam pembangunan Bali.

Pertama, perlunya peningkatan diversifikasi ekonomi, meliputi pariwisata hingga pertanian. Hal ini dimaksudkan agar tidak bergantung hanya pada satu sektor.

"Kedua, paradigma dan tata kelola pariwisata harus memprioritaskan kesehatan dan keamanan," kata Jokowi. 

Menurut penjelasannya, perjalanan pariwisata di masa pandemi akan berubah total karena masyarakat akan mengutamakan kedua aspek tersebut. 

Ketiga, pariwisata Bali harus bertransformasi dari mass tourism menjadi green tourism serta quality tourism.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Pengawasan Warga dari Luar Negeri Ditingkatkan Cegah Varian Omicron

Adapun, yang dimaksud yakni mengusung pariwisata berbasis sosial, budaya, dan lingkungan, mewujudkan harmoni dan memuliakan alam.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU