> >

Bunga KUR 3 Persen, Airlangga Yakin Rentenir Tidak Akan Bisa Saingi

Ukm | 10 September 2021, 12:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan KUR kepada pelaku UMKM yang disalurkan Bank Mandiri, di Medan, Sumatera Utara (9/9/2021). (Sumber: Kemenko Perekonomian)

MEDAN, KOMPAS.TV- Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR), daripada meminjam uang kepada rentenir untuk modal usaha.

Hal itu ia sampaikan saat menyerahkan KUR kepada warga di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/9/2021). Apalagi, saat ini pemerintah telah menambah subsidi bunga KUR. Sehingga bunga KUR menjadi hanya 3 persen, dari 6 persen tahun lalu.

"Pemerintah telah memberikan kredit usaha rakyat yang platfomnya sekarang Rp 285 triliun. Dan ini meningkat dari tahun lalu," kata Airlangga.

"Bunganya 3 persen, jadi dijamin tidak ada satu rentenir pun yang berani memberikan tingkat suku bunga 3 persen. Jadi tidak ada saingan ini. Dan kedua kredit sampai dengan Rp100 juta, tidak ada jaminan," ucapnya.

Baca Juga: Kepala OJK Jajal Pinjol Ilegal, Kaget Dikenai Bunga Rp56.000 per Hari, Pinjaman Dipotong 30 Persen

Airlangga menjelaskan kemudahan lain yang diberikan pemerintah bagi masyarakat yang baru pertama kali mengambil KUR. Yaitu penundaan cicilan sampai 6 bulan, perpanjangan jangka waktu, penambahan limit KUR serta kelonggaran persyaratan administrasi.

"Untuk yang ambil pertama kali diberikan waktu 6 bulan menyicilnya, ditunda, dan saya jamin tidak ada satu rentenir yang bisa bersaing dengan bank-bank BUMN maupun BUMD," ujarnya.

Airlangga pun mengajak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang hadir saat itu, untuk mengimbau masyarakat memanfaatkan KUR.

"Oleh karena itu Pak Gubernur, Pak Wagub, kredit ini didorong, tadi kita melihat beberapa PKL dan warteg walaupun sudah punya pengamalan tapi masih belum berani mengambil utang," tutur Airlangga.

Baca Juga: Ini Cara Ajukan Keringanan Kredit ke Leasing Agar Debt Collector Tak Asal Sita

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber :


TERBARU