> >

Penyelamatan Garuda, Komisi XI DPR Sarankan Audit Forensik Hingga Patungan BUMN

Bumn | 1 Juni 2021, 16:24 WIB
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: instagram @garuda.indonesia)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota Komisi XI DPR Fauzi Amroh, mengungkapkan ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah keuangan Garuda Indonesia.

Menurut Fauzi, masalah yang diderita Garuda sebenarnya sudah berlangsung lama bahkan sudah berlangsung sekitar 20 tahun.

Namun tak kunjung dibenahi oleh direksi, komisaris Garuda dan Kementerian BUMN.

"Masalah keuangan Garuda Indonesia, tak hanya karena terpaan pandemi Covid-19 tapi juga ada dugaan korupsi didalamnya," kata Fauzi kepada Kompas TV.

Fauzi mengusulkan, dilakukan audit forensik terhadap Garuda, yang melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan, dan Kepolisian.

Baca Juga: Garuda Indonesia Paparkan Strategi Hadapi Kondisi Keuangan Saat Ini

"Audit forensik dilakukan terhadap keuangan Garuda termasuk mengenai dugaan korupsi yang terjadi di Garuda Indonesia," ujar Fauzi.

Kedua, Menteri BUMN harus segera memperbaiki manajemen Garuda Indonesia, dengan menunjuk orang yang memiliki kapasitas yang tepat dan amanah, yang bisa memperbaiki dan membangkitkan kembali Garuda Indonesia.

Ketiga, pemerintah dan pemegang saham harus berjuang menyelamatkan Garuda Indonesia dengan kembali menyuntik dana segar ke Garuda Indonesia.

"Komisi XI sepenuhnya akan mendukung upaya penyelamatan Garuda Indonesia, tanpa harus mendirikan perusahaan maskapai nasional baru," tambahnya.

Penulis : Dina Karina Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU