> >

Bansos Tunai (BST) Lanjut Sampai Juni, Begini Cara Cek Nama Penerimanya

Kebijakan | 19 Mei 2021, 13:06 WIB
Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad bersama jajaran Pos Purwakarta memastikan langsung penyaluran BST kepada warga KPM terdampak bencana di Dusun Cirangkong, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwuru, Purwakarta, Sabtu (20/2/2021). (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) akan dilanjutkan oleh pemerintah. BST yang terakhir disalurkan pada April lalu, akan dilanjutkan pada bukan Mei dan Juni.

Padahal sebelumnya, pemerintah sudah menyatakan BST tidak akan dilanjutkan karena keterbatasan anggaran.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, besaran BST untuk Mei dan Juni sama seperti sebelumnya.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Kemensos Berlanjut hingga Juni 2021

"Rencananya  diperpanjang (hingga bulan Juni 2021), besarannya sama Rp300.000," kata Kunta Wibawa Dasar Nugraha, Selasa (18/05/2021).

Namun, ada sejumlah catatan dari hasil pembaruan data BST oleh Kementerian Sosial dan pihak terkait. Kemensos juga sudah mencoret 21 juta data ganda penerima bansos. Sehingga bisa saja warga yang sebelumnya menerima BST, tidak mendapatkan BST untuk Mei-Juni.

Beberapa hal yang menjadi penilaian bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak dapat melanjutkan BST COVID-19 tahun 2021, yaitu apabila;

Baca Juga: Cek Daftar Bansos yang akan Lanjut Disalurkan Setelah Lebaran

a. Menyalahgunakan kartu BST (diperjual-belikan, disalahgunakan, dll)
b. Terdapat perubahan hasil musyawarah kelurahan dan verifikasi lapangan oleh petugas wilayah
c. Duplikasi dengan penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)
d. Penerima yang sudah pindah/meninggal/tidak lagi masuk ke dalam DTKS

Untuk mengetahui apakah nama anda masih terdaftar sebagai penerima BST atau tidak, bisa mengeceknya di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU