> >

Cetak Rekor! Kapitalisasi Pasar Uang Kripto Capai US$2 Triliun, Lebih dari Separuh Milik Bitcoin

Kompas bisnis | 6 April 2021, 16:00 WIB
ILUSTRASI. Mata uang kripto.  (Sumber: Kontan/Muradi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapitalisasi pasar uang kripto mencapai rekor tertinggia sepanjang masa dengan nilai mencapai US$ 2 triliun atau sekitar Rp 28.000 triliun pada hari Senin, (5/4/2021).

Menurut data dari pelacak pasar uang kripto CoinGecko dan Blockfolio, pada sore hari, kapitalisasi pasar uang mencapai $ 2,02 triliun.

Dilansir dari Reuters, lonjakan itu dipimpin oleh Bitcoin, yang melampaui rekornya sendiri dengan memegang kapitalisasi pasar $ 1 triliun selama satu minggu.

Harga Bitcoin terakhir naik 1,4% dengan nilai US$ 59.045. Sejak mencapai rekor harga tertinggi dengan lebih dari US$ 61.000 pada pertengahan Maret, Bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran yang lebih sempit.

Analis mengatakan, selama Bitcoin tetap di atas US$ 53.000, itu akan dapat mempertahankan kapitalisasi pasar US$ 1 triliun.

Baca Juga: Bitcoin Naik Terus, Ethereum Juga Catat Rekor Harga Tertinggi

Selain Bitcoin, Ethereum, uang kripto terbesar kedua dalam hal kapitalisasi pasar, nilainya naik 1,3% menjadi US$ 2.103.

Untuk kapitalisasi pasarnya, Ethereum mencapai US$ 244 miliar pada hari Senin.

Dengan terus mencatatkan keuntungan selama beberapa bulan terakhir, uang kripto mulai menarik permintaan dari investor institusional dan ritel.

"Momentum dan minat telah mulai berkembang melampaui Bitcoin dan Bthereum," kata Paolo Ardoino, Kepala Teknologi di Bursa Kripto Bitfinex Paolo.

Penulis : Rizky-L-Pratama

Sumber : Kompas TV


TERBARU