> >

Di Tengah Pandemi, Produk Makanan dan Minuman Indonesia Hadir di Foodex Jepang 2021

Ekonomi dan bisnis | 9 Maret 2021, 20:16 WIB
Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang membuka Paviliun Indonesia di pameran Foodex 2021 ke-46. (Sumber: Andy Lala/Kompas TV)

TOKYO, KOMPAS.TV - Pemberlakuan Status Keadaan Darurat di Tokyo dan tiga Prefektur Jepang di tengah  pandemi Covid-19 tidak menyurutkan partisipasi Indonesia pada pameran Foodex 2021 yang digelar di Makuhari Messe Jepang.

Partisipasi Indonesia pada pameran ini merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Repubik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Kementerian Perdagangan RI, bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI, Bank Indonesia Tokyo, Indonesia Trade Promotion Center Osaka, dan ASEAN Japan Centre dalam memperluas eksistensi dan peningkatan ekspor Indonesia khususnya produk makanan minuman di pasar Jepang.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang membuka Paviliun Indonesia mengatakan, melalui pameran Foodex 2021 ke-46 ini, produk makanan dan minuman Indonesia diharapkan bisa masuk pasar Jepang.

“Lebih dari 60% kebutuhan pangan Jepang berasal dari impor. Indonesia harus bisa mengisi pasar yang besar tersebut, salah satunya melalui Foodex 2021 yang merupakan ajang pameran makanan minuman paling bergengsi dan terbesar di Jepang,” jelas Heri Akhmadi.

Dengan berpartisipasinya Indonesia dalam pameran FOODEX 2021 ini lanjut Heri Akhmadi, diharapkan menjadi kesempatan untuk mengenalkan produk Indonesia secara lebih luas kepada para konsumen Jepang dan juga mancanegara sebagai alternatif sumber pasokan makanan dan minuman baru.

"Tahun lalu pameran ini tidak diselenggarakan. Event ini sangat potensial untuk lebih mendorong promosi produk Indonesia," tambah Heri Akhmadi.

Paviliun Indonesia dalam pameran ini diwakili oleh 17 produsen makanan minuman antara lain Javara (Kampung Kearifan Indonesia), Mayora, Indofood, Malindofood, Inaco, Great Giant Pineapple, Gagafood, dan Sasa Inti.

Baca Juga: Jokowi Minta Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Ekonom: Produk Impor di Indonesia Masih Mendominasi

Produk UKM Indonesia yang dipromosikan antara lain produk snack Maicih yang mulai disukai konsumen Jepang dengan rasanya yang pedas. Selain itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bali dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya yang telah dilatih, dengan menampilkan produk makanan, pertanian dan perikanan.

Atase Perdagangan KBRI Tokyo Arief Wibisono mengatakan, KBRI Tokyo bekerja sama dengan instansi terkait seperti Kementerian Perdagangan RI membantu mempromosikan produk makanan minuman Indonesia kepada pasar di Jepang melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran di Jepang.
 
"Kita bantu mempromosikan produk Indonesia di Jepang. Dari yang skala besar, menengah dan UMKM. Jadi selain produk Indofood dan Mayora yang besar, ada juga disini yang UMKM seperti Javara Kampung Kearifan dan ada produk dari Maicih. Nah beberapa produk ini rencananya akan masuk ke sejumlah supermarket di Jepang seperti Maruetsu," tegas Arief Wibisono.

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU