> >

Inilah 9 Butir Resolusi Halal Dunia yang Dikeluarkan MUI, Dorong Wisata Halal hingga Insentif UMKM

Ekonomi dan bisnis | 16 Juni 2022, 10:45 WIB
Wapres Maruf Amin saat membuka Kongres internasional Halal MUI. Kongres itu mengeluarkan 9 resolusi halal dunia (Sumber: Situs Wapres RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengeluarkan sembilan butir resolusi Halal yang diperuntukkan agar Industri halal di Indonesia maju dan siap menuju global. 

Salah satu poin dari resolusi itu adalah, upaya untuk mempermudah sertifikasi halal yang murah, mudah dan professional.

“Mewujudkan proses sertifikasi halal yang mudah, murah, professional, berintegritas termasuk menjunjung etika,” bunyi resolusi  halal dunia butir kedua dikutip dari situs resmi MUI pada Kamis (16/6/2022).

“Kami mendukung sertifikasi halal sesuai standar Syariah Governance, yaitu fatwa MUI, yang mengikuti standar mutu Internasional bagi Lembaga Sertifikasi Halal dan patuh pada standar mutu internasional laboratorium pengujian halal, untuk meningkatkan keberterimaan produk halal dalam perdagangan global,” tambah butir resolusi itu nomor dua. 

Selain itu, MUI juga mendorong adanya wisata halal hingga insentif UMKM yang bergerak di industri halal. 

"Mendorong adanya insentif yang memadai bagi pelaku usaha industri halal termasuk UMKM serta Kawasan Industri Halal untuk merangsang pertumbuhan produk berorientasi ekspor dan pelaku industri pariwisata halal," bunyi resolusi halal itu nomor ketujuh. 

MUI sendiri melaksankanan Kongres itu di Bangka Belitung dimulai pada 14 Juni 2022 dan dibuka oleh Wapres Ma’ruf Amin. Secara resmi kongres bertajuk Kongres Halal Internasional 2022 resmi ditutup pada Rabu malam (15/6/2022).

Sekretaris Panitia Pengarah KIH 2022, KH Rafiqul Umam Ahmad, mengatakan Resolusi ini secara garis besar berisikan agenda dan dorongan-dorongan kepada pihak pemangku kebijakan terkait industri dan pariwisata halal baik lokal, nasional, dan internasional.

“Resolusi ini diharapkan mampu menjadi pendorong dan pengikat para penggerak dan pemangku kebijakan industri dan pariwisata halal,” kata dia Rabu malam.

Baca Juga: Ketua MUI Gunungkidul Pergoki Mobil 'Bergoyang' di Area Parkir Masjid, Pelaku Ngaku Cuma Ciuman

Berikut ini Sembilan Resolusi Halal MUI

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU