> >

Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila, Strategi BPIP Membina Karakter Generasi Muda

Advertorial | 21 Desember 2023, 19:07 WIB
Dalam rangka sosialisasi peluncuran buku teks utama (BTU) Pendidikan Pancasila, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kompas TV menggelar Seminar Pancasila.  (Sumber: Dok. KompasTV)

KOMPAS.TV – Dalam rangka sosialisasi peluncuran buku teks utama (BTU) Pendidikan Pancasila, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kompas TV menggelar Seminar Pancasila. 

Seminar bertajuk “Strategi Membina Karakter Generasi Muda Melalui Penerapan Pendidikan Pancasila” dilaksanakan Selasa, 19 Desember 2023 di Menara Kompas Jakarta.

BTU Pendidikan Pancasila ini merupakan hasil kolaborasi BPIP dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina menjelaskan tiga aspek utama yang menjadi tujuan perilisan buku ini, yaitu agar siswa dan guru dapat mengerti penguatan, sejarah, dan hubungan sila Pancasila. 

Baca Juga: BPIP Luncurkan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila

"Aspek pertama adalah penguatan Pancasila sebagai dasar negara. Kemudian bagaimana hubungan antara sila-sila Pancasila dan juga bagaimana sejarah lahirnya Pancasila, serta elemen kurikulum Merdeka Belajar atau di 2013 elemen terkait terkait pembelajaran Pancasila itu sendiri sama mencakup Pancasila UUD 1945 kemudian NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Rima.

Buku teks utama pembelajaran Pancasila tersebut disusun dalam dua versi, yaitu untuk guru dan siswa pada jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Lebih jauh, buku ini dikategorikan berdasarkan tingkat pendidikan, mulai dari PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Penyusunan buku itu dilakukan dalam rangka menunjang proses belajar mengajar pendidikan Pancasila, melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan dan Teknologi Nomor 026.C/H/P 2023 tertanggal 24 Juli 2023.

Rima menambahkan, buku teks tersebut bisa diakses secara daring atau online agar memudahkan sekolah dalam penggunaan. Selain itu, BTU ini juga dapat digunakan di seluruh kurikulum sekolah, baik Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2013.

"Semuanya diharapkan sudah menggunakan buku tersebut, karena buku tersebut sudah bisa diakses online dari situs Kemendikbud dan tentunya ini sangat memudahkan nanti untuk para siswa memahami Pancasila itu seperti apa," kata Rima.

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU