> >

Peran Aktif Indonesia dalam Rangkaian KTM ke-15 UNCTAD

Advertorial | 4 Oktober 2021, 09:47 WIB
United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menggelar Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-15 atau UNCTAD-15 dengan tema tema “From Inequality and Vulnerability to Prosperity for All”, 4-7 Oktober di Jenewa dan Barbados. (Sumber: Dok. UNCTAD)

JAKARTA, KOMPAS.TV - United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) merupakan majelis utama PBB dalam isu perdagangan, investasi, dan pembangunan yang didirikan pada 1964.

Saat ini, UNCTAD memiliki 195 negara anggota dengan 21 fokus bahasan. Namun, secara umum UNCTAD membahas beberapa isu terkait pembangunan ekonomi, pembangunan berkelanjutan dengan fokus perdagangan, keuangan, investasi dan teknologi.

Sebagai bagian dari UNCTAD, Indonesia turut melakukan pemanfaatan kajian terkait investasi asing untuk me-review berbagai Bilateral Investment Treaty (BIT) agar sesuai dengan kepentingan nasional.

Selain itu, Indonesia juga bekerja sama dalam pengarusutamaan terhadap isu ekonomi kreatif pada tataran global melalui pengesahan Resolusi SMU PBB A/RES/74/198, International Year of Creative Economy for Sustainable Development 2021.

Proyek kerja sama UNCTAD dan Indonesia melalui Badan Perlindungan Konsumen Nasional juga membahas mengenai penyelesaian sengketa online berbasis Blockchain guna meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan perdagangan lintas negara melalui transaksi digital.

Baca Juga: Upaya Peningkatan Perlindungan Konsumen Melalui Kerja Sama Internasional

Pemerintah Indonesia senantiasa melakukan pemanfaatan berbagai program peningkatan kapasitas yang diselenggarakan UNCTAD diantaranya “Building Port Resilience Against Pandemics” dan “Digital Identity for Trade and Development"

Konferensi Tingkat Menteri (KTM) UNCTAD merupakan badan pengambilan keputusan tertinggi yang diselenggarakan empat tahun sekali. KTM ke-14 terakhir diselenggarakan di Nairobi pada tahun 2016. Harusnya KTM ke-15 berlangsung tahun 2020 namun mengingat pandemi maka kegiatan diundur menjadi tahun ini.

KTM ke-15 UNCTAD akan berlangsung pada tanggal 4-7 Oktober 2021 dengan pertemuan hybrid berlokasi di Jenewa, Swiss dan Bridgetown, Barbados. Tahun ini, KTM mengusung tema “From Inequality and Vulnerability to Prosperity for All”.

Pre-event KTM ke-15 UNCTAD

Penulis : Elva-Rini

Sumber : Kompas TV


TERBARU