Kompas TV advertorial
advertorial

BIPI Consulting Hadirkan Layanan Psikotes hingga Konseling untuk Bantu Produktivitas Perusahaan

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 16:00 WIB
bipi-consulting-hadirkan-layanan-psikotes-hingga-konseling-untuk-bantu-produktivitas-perusahaan
Salah satu cara efektif untuk perusahaan yang ingin terus berkembang dan bersaing di pasar adalah dengan berinvestasi dalam program pengembangan karyawan secara berkelanjutan. (Sumber: Dok. Shutterstock)

KOMPAS.TV – Peran karyawan bagi perusahaan tidak hanya sebagai pekerja saja, melainkan dapat dianggap aset berharga.

Karyawan tidak hanya berperan sebagai penggerak operasional, tetapi juga menjadi motor utama berinovasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta membangun citra positif di mata pelanggan. 

Karena itu, menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas adalah suatu keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin terus berkembang dan bersaing di pasar.

Salah satu cara efektif untuk mencapai hal tersebut adalah dengan berinvestasi dalam program pengembangan karyawan secara berkelanjutan. 

Investasi bagi karyawan dapat berupa pelatihan, pengembangan keterampilan, program mentoring dan coaching, serta penciptaan lingkungan kerja yang positif dan mendukung.

Dengan pendekatan ini, perusahaan tidak hanya akan meningkatkan kapabilitas karyawan, tetapi juga membangun budaya kerja inovatif dan produktif. 

Menurut berbagai sumber, ada sejumlah metode yang bisa dilakukan perusahaan untuk pengembangan karyawan. Beberapa metode yang dianggap ampuh meningkatkan kualitas SDM perusahaan antara lain:

 

1. Psikotes

Psikotes dapat menjadi alat ukur untuk membantu perusahaan memahami potensi, minat, bakat, dan gaya kerja calon karyawan maupun karyawan yang sudah ada.

Melalui psikotes, perusahaan dapat menempatkan individu di posisi sesuai karakteristik mereka. Dengan begitu, perusahaan bisa mendongkrak produktivitas karyawan, sekaligus menekan angka turnover atau pergantian karyawan.

 

2. Assessment karyawan

Assessment karyawan dapat memberikan gambaran obyektif tentang kinerja individu, kekuatan, kelemahan, hingga potensi atau bakat yang berhubungan dengan pekerjaan.

Berbekal hasil assessment, perusahaan dapat merancang program pengembangan yang terarah dan personal, meningkatkan kompetensi, serta mempersiapkan karyawan agar lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa depan.

 

3. Training



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x