Kompas TV brandsight

Tantangan dan Solusi Asuransi Mobil Bagi Pengendara Muda

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 13:00 WIB
tantangan-dan-solusi-asuransi-mobil-bagi-pengendara-muda
Ilustrasi pengemudi muda. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Pengendara muda seringkali dihadapkan pada sejumlah tantangan ketika mencari asuransi mobil. Faktor usia dan pengalaman mengemudi yang terbatas dapat menjadi hambatan dalam mendapatkan perlindungan untuk mobil kesayangan.

Artikel ini akan membahas beberapa tantangan yang dihadapi pengendara muda dalam mencari asuransi mobil dan solusi yang dapat membantu mengatasi hambatan tersebut.

 

Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Pengendara muda seringkali dianggap memiliki refleks lebih baik berkat fisik yang lebih prima hingga kemampuan mengemudi lebih cepat. Persepsi tersebut bisa membuat beberapa orang merasa bahwa mereka lebih mampu menghindari kecelakaan. 

Sayangnya persepsi ini juga dapat berdampak pada keputusan pengendara muda untuk tidak menggunakan asuransi mobil, karena mereka mungkin merasa bahwa risiko kecelakaan rendah bagi mereka. 

Namun, data statistik sebenarnya menunjukkan bahwa pengendara muda, terutama mereka yang baru mendapatkan izin mengemudi, memiliki tingkat risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengendara yang lebih berpengalaman. 

Karena itu, penting untuk diingat bahwa risiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia atau tingkat pengalaman mengemudi, dan memiliki perlindungan asuransi tetaplah penting.

 

Kesalahpahaman Tentang Ketentuan Asuransi

Beberapa pengendara muda mungkin tidak menyadari pentingnya membaca dan memahami ketentuan polis asuransi secara saksama sebelum menandatanganinya. Padahal, informasi yang mereka terima dari berbagai sumber mungkin tidak selalu akurat atau lengkap.

Akibatnya, para pengendara muda  jadi tidak tahu apa saja ketentuan yang harus dipahami, pertanggungan asuransi, dan benefit yang didapatkan dari asuransi yang dimiliki.

Oleh sebab itu, penting bagi pengendara muda untuk mencari informasi yang akurat dan memahami dengan baik ketentuan polis asuransi sebelum membeli atau mengambil keputusan terkait perlindungan asuransi mereka.

 

Belum Cukupnya Kesadaran Pentingnya Asuransi

Seperti yang kita ketahui kesadaran memiliki asuransi saat ini masih tergolong rendah, khususnya bagi pengendara muda. Kebutuhan memiliki asuransi mungkin masih dianggap sebagai kebutuhan tersier bukan primer.

Bahkan, beberapa pengendara muda mungkin merasa bahwa asuransi hanya diperlukan ketika terjadi kecelakaan atau insiden, sehingga mereka menunda atau mengabaikan pembelian asuransi.

Padahal, dalam berkendara banyak risiko yang terjadi tanpa terduga, memiliki asuransi mobil bisa menjadi penyelamat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x