Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Ungkap Komitmen Lindungi Perempuan, Anak, dan Remaja di Rakernas 2024

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 16:00 WIB
bnpt-ungkap-komitmen-lindungi-perempuan-anak-dan-remaja-di-rakernas-2024
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa (21/24). (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada Selasa (21/2/24), telah dilaksanakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) melaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta.

Dengan tagline “BNPT Hadir untuk Perempuan, Anak dan Remaja Indonesia”, Rakernas BNPT Tahun 2024mengusung tema “Melindungi Perempuan, Anak dan Remaja dari Ideologi Radikal Terorisme untuk mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Pasalnya, perempuan, remaja dan anak-anak termasuk 3 kelompok yang rentan terlibat proses radikalisasi berdasarkan temuan BNPT I-KHub yang dituangkan dalam IKHub BNPT Counter Terrorism and Violent Extremism Outlook 2023. 

Proses radikalisasi pada kelompok tersebut dilakukan secara sistematis, masif, dan terencana dengan memanfaatkan simbol-simbol keagamaan.

“Terjadi peningkatan proses radikalisasi dengan sasaran 3 kelompok rentan: perempuan, anak-anak dan remaja. Proses radikalisasi dilakukan secara sistematis, masif dan terencana dengan memanfaatkan jubah keagamaan dan memanipulasi simbol-simbol dan atribut agama,” jelas Kepala BNPT RI, Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Menurut Rycko, perempuan berperan penting dalam pembinaan keluarga, sementara anak dan remaja merupakan generasi penerus penggerak pembangunan bangsa dan negara, termasuk pembangunan ekonomi. 

Karena itu, jika ketiga kelompok rentan tersebut dalam jumlah besar terpapar paham radikal terorisme bahkan sampai melakukan tindakan pidana terorisme tentunya akan mengancam stabilitas NKRI. 

Lulusan terbaik Akpol 1988 ini menjelaskan sejumlah kasus yang melibatkan perempuan dan anak dalam aksi-aksi terorisme telah terjadi, seperti kasus Surabaya tahun 2018.

Baca Juga: Sempat Salah Interpretasi, Wacana Kontrol Rumah Ibadah BNPT Tetap Hadirkan Peran Penting Negara

Pada kasus tersebut memberikan dampak buruk bagi keamanan dan ketertiban masyarakat yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

Itulah sebabnya Program Perlindungan Perempuan, Remaja, dan Anak-Anak menempati urutan pertama dalam 7 Program Prioritas BNPT tahun 2024. Kehadiran BNPT hadir untuk melindungi perempuan, remaja, dan anak-anak juga menjadi tema Rakernas BNPT pada tahun ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x