Kompas TV advertorial

Universitas Terbuka Jakarta Makin Terdepan dalam Inovasi Pembelajaran Online Fleksibel & Berkualitas

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 16:00 WIB
universitas-terbuka-jakarta-makin-terdepan-dalam-inovasi-pembelajaran-online-fleksibel-berkualitas
Universitas Terbuka Jakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) selalu konsisten dalam meningkatkan inovasi pendidikan, salah satunya lewat pembelajaran online yang terus dikembangkan. (Sumber: Dok. Universitas Terbuka)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Universitas Terbuka Jakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) selalu konsisten dalam meningkatkan inovasi pendidikan, salah satunya lewat pembelajaran online yang terus dikembangkan.

Selama 39 tahun berdiri, Universitas Terbuka tidak pernah berhenti berinovasi agar sistem pembelajaran online makin berkembang dan bermanfaat bagi kualitas pendidikan mahasiswanya.

Inovasi yang terus dilakukan Universitas Terbuka mampu memberikan penguatan terhadap akses pembelajaran digital, meliputi learning tools, apps, maupun network infrastructure.

Sejak 1984 hingga saat ini, Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir dalam inovasi pembelajaran online melalui berbagai aspek pembelajar dari proses registrasi, pembelajaran tutorial online, tutorial webinar, serta tugas mata kuliah.

UT juga berhasil mengembangkan ujian berbasis online proctoring, yaitu ujian online live proctoring dan ujian online remote proctoring.

Dengan demikian, UT semakin mengukuhkan kredibilitasnya sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengeyam pendidikan tinggi berkualitas, khususnya bagai masyarakat yang berada di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Berbagai inovasi yang dilakukan UT menitikberatkan pada terwujudnya sistem pendidikan  fleksibel, terjangkau, dan berkualitas.

Universitas Terbuka memiliki aplikasi myUT yang dapat digunakan mahasiswa untuk mendapatkan sejumlah layanan akademik, mulai dari melakukan registrasi, pengecekan nilai ujian, pengecekan progress perkuliahan yang sedang dilakukan, hingga mengakses perpustakaan digital.

Baca Juga: Pembelajaran Online Universitas Terbuka (UT) Diakui Dunia | Bincang Kita

Mahasiswa dapat merasakan kemudahan dengan adanya fitur Single Sign On atau yang biasa disebut dengan SSO di MyUT. SSO dapat menghubungkan mahasiswa dengan berbagai aplikasi layanan akademik dalam satu plaform, tepatnya dashboard MyUT.

Lewat inovasi MyUT, mahasiswa bisa memperoleh segala informasi terkait kegiatan perkuliahan dari mana saja dan kapan saja tanpa kesulitan.

Universitas Terbuka sudah sejak lama memanfaatkan sistem e-learning sebagai sarana tutorial dan menerapkan perkulian online. Situs pembelajaran online UT dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama durasi perkuliahan sesuai ketentuan telah ditetapkan per setiap pertemuan atau inisiasi.

Tujuan penerapan e-learning Universitas Terbuka antara lain untuk meningkatkan interaktivitas mahasiswa dengan materi ajar, dosen (tutor), juga interaksi antar mahasiswa itu sendiri.

Mahasiswa dapat memanfaatkan sejumlah layanan e-learning UT, seperti pemberian bahan ajar digital berbasis web, tutorial berbasis jaringan (tutorial online), kuliah online berupa pemberian latihan dan tugas mandiri, kit tutorial, dan sebagainya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x