Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan BPH Migas

Program BBM Satu Harga Demi Wujudkan Pemerataan Energi di Indonesia

Kompas.tv - 24 November 2023, 13:30 WIB
program-bbm-satu-harga-demi-wujudkan-pemerataan-energi-di-indonesia
Pemerintah meluncurkan program BBM Satu Harga untuk menciptakan kesetaraan harga bahan bakar minyak di wilayah Indonesia (Sumber: Dok. KompasTV)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki tantangan tersendiri dalam menjaga stabilitas ekonomi dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayahnya. 

Salah satu aspek krusial dalam mencapai tujuan tersebut adalah distribusi energi, terutama bahan bakar minyak (BBM), yang menjadi sumber utama bagi sebagian besar transportasi dan kegiatan ekonomi.

Dalam upaya meningkatkan pemerataan energi di seluruh pelosok Indonesia, Pemerintah Indonesia meluncurkan program BBM Satu Harga. Program ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan harga bahan bakar minyak di seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat di daerah terpencil atau yang sulit dijangkau dapat merasakan manfaatnya.

Latar Belakang Program BBM Satu Harga

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan infrastruktur di beberapa wilayah, terdapat kesenjangan harga BBM antara pulau-pulau besar dan daerah terisolasi. Kesenjangan ini dapat memberikan dampak negatif terhadap tingkat inflasi, biaya hidup, dan ketidaksetaraan ekonomi antar wilayah.

Program BBM Satu Harga diinisiasi sebagai langkah konkret pemerintah untuk mengatasi disparitas harga BBM, sehingga seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat merasakan keadilan dalam akses dan biaya energi.

Presiden Republik Indonesia memberikan amanat melalui Menteri ESDM yang tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan Secara Nasional.

Program BBM satu Harga yang dicanangkan Presiden Jokowi bertujuan mewujudkan sila ke-5 Pancasila, yakni keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, program BBM Satu Harga memiliki serangkaian tujuan berkelanjutan sebagai berikut.

  1. Mengurangi kesulitan dan beban hidup masyarakat di daerah terpencil dengan menetapkan harga BBM yang sama dengan daerah lebih maju.
  2. Dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah yang sebelumnya terkendala oleh biaya energi yang tinggi.
  3. Stabilitas harga BBM dapat menciptakan iklim investasi yang lebih baik, mendorong pembangunan infrastruktur, dan mendukung konektivitas antar wilayah.

Program ini merupakan salah satu Program Prioritas dan sangat penting bagi masyarakat khususnya pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), yang selama ini membeli BBM dengan harga lebih tinggi dari ketetapan pemerintah.

Di wilayah timur (Papua), harga BBM berkisar Rp50–100 ribu, disebabkan sulitnya akses dalam penyaluran BBM untuk sampai ke lokasi 3T. Dari Terminal BBM, bisa disalurkan melalui jalur darat, dilanjutkan jalur transportasi air, bahkan membutuhkan transportasi udara (pesawat) untuk wilayah pegunungan (tidak bisa diakses melalui darat). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x