Kompas TV berita partner

Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 14:05 WIB
presiden-jokowi-saksikan-kesepakatan-kerja-sama-pln-dengan-9-perusahaan-di-icbf-china-2023
Di sela kunjungan kerjanya, Presiden RI Joko Widodo (paling kanan) menyaksikan kesepakatan PT PLN (Persero) dengan dua perusahaan besar energi bersih asal Cina dalam kerja sama pengembangan EBT di Indonesia pada Indonesia-China Business Forum (ICBF).  (Sumber: Dok. PLN)
Penulis : Adv Team

BEIJING, KOMPAS.TV – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan kunjungan kerja di Beijing, Cina dan bertemu Presiden China, Xi Jinping, pada 15–18 Oktober 2023.

Di sela kunjungannya, Presiden RI menyaksikan kesepakatan PT PLN (Persero) dengan dua perusahaan besar energi bersih asal Cina dalam kerja sama pengembangan EBT di Indonesia pada Indonesia-China Business Forum (ICBF). 

Selain dua MoU yang disaksikan Presiden Jokowi, PLN juga meneken tujuh MoU lainnya antara lain dengan The Export-Import Bank of China, Sinosure, Bank of China, Industrial and Commercial Bank of China, State Development & Investment Corp. Ltd, Huawei Tech Investment, dan China Energy International Group.

Total nilai valuasi kerja sama (termasuk pendanaan) tersebut diperkirakan sebesar lebih dari 54 miliar USD.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, PLN Resmikan Green Hydrogen Plant 100 dari EBT

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Beijing untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Cina. Tiga isu prioritas yang diusung dalam pertemuan ini terkait ekspor, investasi, dan ketahanan pangan.

"Sejumlah isu prioritas yang akan kita bahas dengan China antara lain peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan," ungkap Presiden.

PLN mengambil peran penting dalam peningkatan investasi antara China dan Indonesia dalam sektor energi untuk mendukung komitmen pemerintah dalam mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

PLN menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan State Grid Corporation of China (SGCC) dan Trina Solar China dalam pengembangan smart grid sebagai backbone kelistrikan energi bersih di Indonesia.  (Sumber: Dok. PLN)

PLN menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan State Grid Corporation of China (SGCC) dan Trina Solar China dalam pengembangan smart grid sebagai backbone kelistrikan energi bersih di Indonesia. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang juga mendampingi Presiden Jokowi di forum China-Indonesia Business Forum 2023 di Beijing, mengatakan PLN merasa terhormat dengan kolaborasi bersama perusahaan-perusahaan energi kelas dunia yang ada di China. Dengan adanya forum ini, dirinya melihat partnership antarpihak akan semakin kuat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Politik

Hacked By LocalHos666Tx

26 Mei 2024, 23:50 WIB

Close Ads x