Kompas TV advertorial

Kejar Target NZE 2060, Pertamina Kembangkan Teknologi Penangkapan & Penyimpanan Karbon

Kompas.tv - 12 September 2023, 11:20 WIB
kejar-target-nze-2060-pertamina-kembangkan-teknologi-penangkapan-penyimpanan-karbon
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat menjadi pembicara dalam acara International & Indonesia Carbon Capture and Storage (CCS) Forum 2023. (Sumber: Dok. Pertamina)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS).

Teknologi ini dikembangkan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mewujudkan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Implementasi CCS/CCUS di Indonesia diyakini akan dapat mendukung peningkatan produksi migas sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, saat menjadi pembicara dalam acara International & Indonesia Carbon Capture and Storage (CCS) Forum 2023.

Baca Juga: Berkontribusi Kemandirian Ekonomi Nasional, Dirut Pertamina Raih Penghargaan Nawacita Award 2023

Forum tersebut mengangkat tema Pioneering the Energy Landscape Decarbonization Future: Harnessing the Power of CCS Globally for a Cleaner Future and Economic Growth, di Jakarta, Senin 11 September 2023.

Pada kesempatan ini, Pertamina juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah pihak terkait implementasi teknologi CCS/CCUS.

Penandatanganan dilakukan antara lain dengan PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga, dan PT Pertamina Hulu Rokan, yang bekerja sama dengan Kementerian ESDM, Chevron, dan Mitsui.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, melalui kegiatan CCUS, Pertamina akan memainkan perannya sebagai pemasok energi nasional yang berkelanjutan.

Selain itu, Pertamina akan terus memberikan solusi pengurangan karbon dan meningkatkan perekonomian serta multiplier effect lainnya.

Nicke mengatakan, Pertamina siap dan berkomitmen untuk berkontribusi terhadap upaya negara sebagaimana terangkum dalam roadmap NZE (Net Zero Emission) atau peta jalan nol emisi karbon.

"Peta jalan ini dilandasi oleh tiga pilar strategis utama, yaitu dekarbonisasi pada aset yang ada, pengembangan bisnis energi ramah lingkungan, dan inisiatif negatif karbon seperti  CCUS & Nature-Based Solutions (NBS),” ujar Nicke. 

Menurutnya, peran aktif Pertamina dalam pelaksanaan operasi CCUS telah ditunjukkan dengan injeksi CO2 di Lapangan Pertamina EP – Jatibarang, Jawa Barat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x