Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan LAZADA

Pemula dalam Berjualan? Lazada Hadirkan Platform Termurah untuk UMKM Indonesia

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 18:30 WIB
pemula-dalam-berjualan-lazada-hadirkan-platform-termurah-untuk-umkm-indonesia
Ilustrasi calon penjual online yang sedang memotret produk untuk diunggah ke platform e-commerce. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Berjualan telah mengalami transformasi besar dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan berkembangnya teknologi dan platform digital. 

Di tengah perubahan tersebut, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia perlu menyesuaikan diri agar tetap bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif. 

Pesatnya pertumbuhan ekosistem ekonomi digital Indonesia membuat banyak orang tergiur untuk memulai bisnis secara online

Pasalnya, para pelaku UMKM sekalipun kini dapat dengan mudah menjalankan bisnis bermodalkan smartphone

Salah satu pemangku kepentingan dalam ekosistem ekonomi digital yang diharapkan dapat membantu dan mendorong perkembangan bisnis UMKM lokal adalah platform e-commerce.


Berdasarkan data “We Are Social 2023”, sekitar 178,9 juta masyarakat Indonesia berbelanja di platform e-commerce.

Data ini menunjukkan besarnya potensi untuk pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya di ranah digital, tak terkecuali UMKM. 

Namun, bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia, literasi digital masyarakat Indonesia masih tergolong rendah.

Oleh sebab itu, sebagian besar pelaku UMKM membutuhkan bimbingan khusus serta berbagai kemudahan dan insentif untuk bisa bertransformasi digital. 

Lazada Indonesia (Lazada), sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, hadir untuk membantu UMKM, terutama pemula, dalam memulai dan mengembangkan bisnis online mereka.

Lazada meluncurkan paket khusus bagi penjual UMKM baru Lazada yang diharapkan bisa memberikan kemudahan serta menjadi solusi bagi pelaku bisnis yang ingin mulai bergabung di ekosistem ekonomi digital Lazada. 

Dengan berjualan online, UMKM dapat menghemat biaya sewa tempat dan operasional toko fisik, serta dapat mengakses basis pelanggan yang sudah mapan.

Di sisi lain, penjual juga perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memutuskan untuk go digital, seperti mempertimbangkan biaya yang akan keluar saat berjualan online.

Bagi penjual pemula, Anda sebaiknya memperhatikan rincian biaya pendaftaran, platform, promosi, serta tambahan kuota internet dan pengemasan paket.

Salah satu keuntungan menggunakan Lazada terutama bagi Seller baru adalah bebas biaya komisi dan bebas biaya gratis ongkir sehingga menjadikan Lazada sebagai platform termurah.

Para penjual yang baru bergabung di Lazada juga akan difasilitasi kemudahan proses registrasi, program inkubasi, dan bimbingan intensif bagi pemula. Sehingga mempersiapkan para penjual baru untuk siap berjualan online.


UMKM seringkali dihadapkan pada tantangan finansial, dan biaya pengoperasian tambahan mungkin menjadi beban yang tidak diinginkan. 

Lazada mengatasi hal ini dengan menyediakan model biaya yang kompetitif dan transparan.

Lazada memberikan berbagai opsi biaya yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis.

Dengan demikian, UMKM memiliki kendali penuh atas berapa banyak yang ingin mereka investasikan dalam promosi dan pemasaran.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x