Kompas TV advertorial
advertorial

Yuk, Kenalan dengan 5 Jenis Sushi Lezat Favorit Berbahan Baku Segar!

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 16:00 WIB
yuk-kenalan-dengan-5-jenis-sushi-lezat-favorit-berbahan-baku-segar
Sushi Toku selalu mengutamakan kesegaran dan kualitas menu makanan yang disajikan. (Sumber: Dok. Sushi Toku)

KOMPAS.TV – Anda penggemar aneka makanan khas dari Negeri Sakura? Jika iya, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sushi.

Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sajian ini umumnya terdiri atas nasi, potongan rumput laut, dan aneka makanan laut atau boga bahari (seafood) segar.

Banyaknya kombinasi bahan dan bentuk sushi yang biasa disajikan tak jarang membuat orang bingung saat akan memesannya. Namun, sejatinya kelezatan sushi terletak pada kesegaran dan kualitas bahannya.

Sebelum menjajal sajian istimewa itu, Anda sebaiknya memahami lima jenis sushi yang umum disajikan di restoran sushi di Indonesia, termasuk di Jakarta. Berikut adalah ulasannya.

Maki sushi 

Maki dalam bahasa Jepang berarti ‘gulung’. Sesuai namanya, maki sushi adalah nasi yang digulung ke dalam rumput laut kering atau nori sehingga bahan ini berada pada lapisan terluar. Selain nasi dan nori, sushi ini umumnya berisi ikan serta sayuran yang diiris tipis dan kecil.

Maki sushi terbagi lagi dalam beberapa jenis. Futomaki yang mirip gimbap dari Korea berukuran besar serta berisi berbagai macam bahan, seperti sayuran dan potongan ikan. Ada pula hosomaki yang lebih kecil karena hanya berisi nasi dan satu macam hidangan, misalnya tuna, salmon, atau sayuran. 

Uramaki sushi 

Selanjutnya, ada uramaki sushi yang memiliki bagian luar sushi berupa nasi sementara nori dan isiannya di dalam. Dengan kata lain, uramaki adalah maki sushi yang dibalik. 

Gunkan sushi

Gunkan sushi memiliki bentuk cenderung lebih oval dan menyerupai kapal. Sushi ini terdiri dari nasi yang dibalut dengan nori lalu diberi topping berupa potongan ikan, telur ikan (tobiko), atau sayuran segar. 

Nigiri sushi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x