Kompas TV advertorial
advertorial

Vaseline Healing Project 2023 Perluas Akses Kulit Sehat Bagi Masyarakat Indonesia

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 12:00 WIB
vaseline-healing-project-2023-perluas-akses-kulit-sehat-bagi-masyarakat-indonesia
Komitmen memberikan akses kulit sehat untuk semua kembali dibuktikan Vaseline lewat event tahunan Vaseline Healing Project 2023 di Fatmawati City Center (23/7). [dari kanan ke kiri: Beauty & Wellbeing R&D Consumer Technical Insight Unilever Indonesia Dr. Telisiah Utami Putri; Penyanyi, penulis lagu, sekaligus seorang psoriasis warrior Cantika Abigail; Senior Brand Manager Vaseline Esa Mahira; Ketua Bidang Sosial PERDOSKI Cabang Jakarta dr. Adhimukti T Sampurna,  SpKK; pemandu acara] (Sumber: Dok. Dokumentasi Kompas.TV/Meirna Larasati )
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komitmen memberikan akses kulit sehat untuk semua kembali dibuktikan brand perawatan kulit Unilever Indonesia Vaseline lewat event tahunan “Vaseline Healing Project 2023” di Fatmawati City Center (23/7).

Kali ini, Vaseline berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta. Sebanyak 100 dokter spesialis kulit anggota PERDOSKI Cabang Jakarta yang ikut andil di dalam program hari ini berkesempatan untuk mengamalkan ilmu lewat pelayanan masyarakat. 

Program ini berfokus memberikan konsultasi dan layanan kesehatan kulit gratis bagi 500 masyarakat – terutama perempuan – dari berbagai latar belakang, untuk membantu mereka memiliki kulit sehat agar dapat hidup tanpa batas.

Para pengunjung bisa mendapatkan produk Vaseline dan berkonsultasi langsung dengan dermatologis secara gratis. Antusiasme pengunjung dapat terlihat dari keramaian selama acara berlangsung.

Pasalnya, penyakit kulit masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang masih banyak ditemui di Indonesia. Berdasarkan survei Vaseline di tahun 2023, pada angka prevalensi sebesar 49 persen per 10.000 penduduk mengalami masalah kulit belang, kusam, dan kering. 

Ketua Bidang Sosial PERDOSKI Cabang Jakarta dr. Adhimukti T Sampurna,  SpKK, menerangkan, masih banyak tantangan dalam memastikan seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati kulit sehat.

"Hidup negara tropis membuat paparan sinar ultraviolet sangat menantang bagi kondisi kulit masyarakat Indonesia. Munculnya bintik hitam dan flek merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum di Indonesia," terang dr. Adhi. 

Dr. Adhi menjelaskan, menggelapnya kulit merupakan mekanisme perlindungan diri dari sinar ultraviolet. Normalnya, kulit akan kembali ke warna semula setelah beberapa lama. Seiring pertambahan usia, proses kembalinya warna kulit tersebut makin melambat. 

Karena itu, terkadang diperlukan sejumlah usaha ekstra seperti pengaplikasian retinol, glutation, hingga perawatan kulit lainnya.

“Namun, jumlah dokter kulit di Indonesia masih terbatas, yakni hanya 8 orang untuk melayani tiap 1 juta masyarakat Indonesia. Selain itu, pengetahuan tenaga kesehatan mengenai kesehatan kulit umumnya masih minim,” terang dr. Adhimukti.

“Masih banyak juga mispersepsi masyarakat, seperti yang masih belum memprioritaskan kesehatan kulit serta rasa ragu atau malu untuk memeriksakan diri, hingga kurangnya akses atas edukasi dan produk kesehatan kulit berkualitas,” lanjutnya.

Di tengah kondisi ini, masih banyak juga masyarakat yang belum menyadari bahwa kesehatan kulit punya andil besar dalam menentukan kualitas hidup.

Senior Brand Manager Vaseline Esa Mahira menuturkan, saat ini brand purpose Vaseline adalah “Mewujudkan kulit sehat bagi setiap orang untuk hidup tanpa batas”. 

Esa menambahkan, memiliki kulit sehat tidak hanya berpengaruh secara penampilan, tetapi juga emosional. Selain meningkatkan kepercayaan diri, pemilik kulit sehat dapat lebih bebas beraktivitas dan leluasa meraih cita-citanya.

 

Vaseline percaya bahwa kulit yang sehat akan membuat perempuan merasa nyaman dengan dirinya, memberi motivasi dan kebebasan untuk mewujudkan ambisinya tanpa batas menuju kehidupan yang lebih berkualitas. 

Hal ini terbukti di dalam survei yang Vaseline lakukan (2023), yakni 1 dari 2 perempuan Indonesia mengurangi aktivitas di luar ruangan karena takut akan kerusakan kulit dan komentar orang.

Bahkan, 6 dari 10 perempuan Indonesia mengaku pernah mengalami skin shaming karena kondisi kulit mereka.

Masalah Kulit Psoriasis Tidak Menghentikan Kebebasan Cantika Abigail

Penyanyi, penulis lagu, sekaligus seorang psoriasis warrior Cantika Abigail membagikan pengalamannya selama hidup dengan kulit bermasalah. Cantika menceritakan ketidaknyamanannya dan rasa khawatir dengan omongan orang.

“Tapi seiring waktu, aku selalu berupaya semaksimal mungkin supaya psoriasis tidak punya power apa pun terhadap diriku,” tutur Cantika.

Menurut Cantika, salah satu caranya adalah dengan konsisten merawat kesehatan kulit dan menjadikannya sebagai ritual yang tidak boleh dilewatkan, baik saat psoriasisnya sedang meradang maupun di tengah keseharian. 

Cantika Abigail (kiri) saat berkonsultasi dengan dokter SPKK di Vaseline Healing Project 2023. (Sumber: Dok. Dokumentasi Kompas TV / Meirna Larasati )


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x