Kompas TV advertorial

Canangkan Transformasi Lima Pilar, Kinerja Kredit Bank Jatim Tumbuh Lampaui Target

Kompas.tv - 29 April 2023, 13:39 WIB
canangkan-transformasi-lima-pilar-kinerja-kredit-bank-jatim-tumbuh-lampaui-target
Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi kepada publik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan I 2023. (Sumber: Dok. Bank Jatim)
Penulis : Adv Team

SURABAYA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi kepada publik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan I 2023.

Bertempat di Ruang Bromo Bank Jatim Kantor Pusat, analyst meeting dihadiri langsung oleh direksi Bank Jatim yaitu Direktur Utama Busrul Iman bersama dengan Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Edi Masrianto serta Direktur Mikro, Ritel & Menengah R. Arief Wicaksono.

Pada kesempatan tersebut, Busrul mengatakan, Bank Jatim berhasil melewati Triwulan I 2023 dengan kinerja yang cukup memuaskan. Selama tiga bulan pertama tahun ini, penyaluran kredit Bank Jatim mampu membukukan pertumbuhan yang signifikan yaitu 13,44 persen (YoY). Angka tersebut melebihi dari target Bank Jatim sebesar 12-13 persen.

Untuk pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada sektor konsumer sebesar 17,43 persen (YoY) dan sektor Komersial & SME 7,77 persen (YoY). Menurut Busrul, pertumbuhan kredit yang telah dicapai Bank Jatim membuat LDR perusahaan semakin membaik.

Dari 46,31 persen pada triwulan I tahun 2022 meningkat jadi 60,74 persen pada triwulan I tahun 2023. 

”Dari sisi mitigasi risiko, kami juga meningkatkan awareness terhadap potensi risiko yang naik seiring dengan pertumbuhan kredit melalui coverage ratio sebesar 101,5%,” ungkapnya.

Selain itu, dari sisi kinerja syariah juga mengalami capaian yang positif sepanjang tiga bulan pertama tahun ini. Untuk kategori DPK terjadi pertumbuhan pada giro dan tabungan masing-masing 23,68 persen (YoY) dan 4,01 persen (YoY).

Kemudian di sisi pembiayaan, terjadi pertumbuhan di semua jenis pembiayaan. Antara lain Ijarah tumbuh 1574 persen (YoY), Mudharabah tumbuh 9,32 persen, Murabahah tumbuh 2,08 persen, Musyarakah tumbuh 35,06 persen, dan Qard tumbuh 48,63 persen. Sehingga total pertumbuhan pembiayaan syariah sebesar 16,45 persen (YoY).

Menurut Busrul, semua pencapaian tersebut tidak lepas dari hasil penerapan lima pilar transformasi yang dicanangkan Bank Jatim pada tahun 2023.

Lima pilar transformasi tersebut antara lain transformasi organisasi melalui penerapan segmentasi kredit diseluruh lini jaringan bisnis Bank Jatim serta peningkatan jumlah account officer dan funding officer.

Baca Juga: QRIS Bank Jatim Mudahkan Pembayaran Bus Trans Jatim



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x