Kompas TV advertorial
advertorial

Kenali Manfaat Oven dan Heater Element untuk Proses Manufaktur Industri

Kompas.tv - 25 April 2023, 11:24 WIB
kenali-manfaat-oven-dan-heater-element-untuk-proses-manufaktur-industri
Ilustrasi oven dan heater element dalam sebuah industri. (Sumber: Dok. Tiga Reksa Perdana)

KOMPAS.TV – Oven dan heater element industri merupakan investasi alat produksi yang harus dimiliki sebuah perusahaan manufaktur. Semakin berkualitas mesin dan elemen tersebut, maka semakin efisien biaya manufacturing industrial yang dijalankan.

Pasalnya, oven dan heater element industri berperan sebagai tulang punggung dalam proses manufaktur. Oleh karena itu, membelanjakan modal perusahaan untuk kebutuhan tersebut harus dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal.

Sebagai informasi, oven industri umumnya digunakan untuk mengolah berbagai bahan mentah pada suhu sangat tinggi. Alat ini diaplikasikan mulai dari untuk produksi makanan, obat-obatan, alat elektronik, industri otomotif, hingga industri dirgantara.

Secara spesifik, oven industri digunakan untuk melakukan proses sintering serta curing and powder coating. Sintering adalah proses mengubah kumpulan partikel kecil dan halus menjadi partikel besar melalui penerapan panas di bawah titik leleh.

Sementara curing and powder coating adalah proses pemadatan suatu bahan dengan cara memanaskan dan mengeringkannya pada suhu tertentu secara konstan.

Penggunaan oven industri membawa beberapa manfaat bagi proses manufaktur. Pertama, memberikan efisiensi aliran udara dengan meratakan penyebaran suhu panas dalam oven. Keseragaman suhu udara ini membuat kinerja pemanasan lebih optimal.

Kedua, oven industri dapat menghasilkan gelombang panas dengan cepat tanpa konsumsi energi terlalu banyak. Ketiga, alat ini memastikan pengelolaan suhu dilakukan dengan mudah.

Keempat, karena terbuat dari baja yang kuat dan tahan karat, oven industri menjadi investasi jangka panjang yang sangat baik. Oleh karena itu, efisiensi yang dihasilkan alat tersebut jauh lebih baik ketimbang biaya yang dikeluarkan untuk membelinya.

Demikian juga dengan heater element industri. Sistem atau elemen pemanas industri yang andal dapat memudahkan perusahaan dalam menjaga kualitas produk, memaksimalkan produktivitas, dan meminimalkan biaya produksi.

Produk lokal, kualitas global

Ada banyak perusahaan produsen atau penyedia oven dan heater element industri, baik dari luar maupun dalam negeri. Kualitas produk buatan dalam negeri pun kini tidak kalah bersaing dengan produk-produk impor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x