Kompas TV advertorial

Atlantic Council Global Food Security Forum Bahas Solusi Mengatasi Kerawanan Pangan di KTT G20

Kompas.tv - 14 November 2022, 12:15 WIB
atlantic-council-global-food-security-forum-bahas-solusi-mengatasi-kerawanan-pangan-di-ktt-g20
Atlantic Council bekerja sama dengan Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation menyelenggarakan the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali pada Minggu (13/11/2022). (Sumber: Dok. Atlantic Council)
Penulis : Adv Team

BALI, KOMPAS.TV – Atlantic Council bekerja sama dengan Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation menyelenggarakan the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali pada Minggu (13/11/2022).

Acara ini dimeriahkan oleh sambutan dari Presiden Indonesia Joko Widodo serta penampilan beberapa musisi ternama internasional, yaitu John Legend, the US Air Force Band Pacific, dan Sandhy Sondoro.

Saat ini Indonesia tengah menjadi tuan rumah forum G20, pertemuan tingkat tinggi dan presentasi dari para pemimpin mengenai kegentingan isu dunia, salah satunya keamanan pangan.

CEO dari Atlantic Council Frederick Kempe memaparkan, penghambatan pasokan gandum oleh Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi, dan mempercepat perubahan iklim.

Baca Juga: Menengok Command Center Pengamanan KTT G20 di Bali bersama Jenderal Andika Perkasa!

Frederick juga menyampaikan rasa bangga sebab Atlantic Council dapat berkumpul di KTT G20 bersama dengan Presiden dari negara tuan rumah, pembuat kebijakan dan para pakar, serta pemain musik dunia dalam menggaungkan pembicaraan masalah keamanan pangan di G20.

“Saya berterima kasih kepada mitra kami yang telah membuat acara ini sukses,” ucap Frederick.

Atlantic Council Global Food Security Forum didukung oleh Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation, bekerja sama dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto Djojohadikusumo, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Acara ini mengumpulkan para pemimpin ketahanan pangan skala internasional, regional, dan lokal, termasuk pejabat pemerintah, sektor privat, media, pakar akademis, dan pemimpin masyarakat sipil.

“Saya senang dapat bergabung dengan Atlantic Council dalam menyelenggarakan pertemuan pemimpin global untuk menanggapi ancaman kerawanan pangan,” jelas Gaurav Srivastava, founder of the Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation.

Gaurav menambahkan, forum tingkat tinggi selama dua hari ini telah memperkuat kesadaran dan keinginan peserta forum untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan dan energi dengan meningkatkan kolaborasi antar pemangku kepentingan di tingkat nasional, regional, dan global.

Selain sambutan dari Presiden Joko Widodo dan para Menteri, the Atlantic Council Global Food Security Forum turut menghadirkan Pemimpin Senat Mayoritas Amerika Serikat Chuck Schumer dan Perwakilan Permanen Amerika Serikat untuk Badan PBB di Roma Cindy McCain.

Acara ini juga menghadirkan Senat dari Michigan dan Ketua Komite Agrikultur Senat untuk Amerika Serikat Deborah Stabenow, Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov, dan Dewan Perwakilan Amerika Serikat dari New York Patrick Ryan.

Baca Juga: Momen Kedatangan Para Pemimpin G20 di Bali, Joe Biden hingga Yoon Suk-yeol

Dalam sambutannya, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mengatakan, saat ini jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mengdisrupsi sistem pangan.

 “Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global. Saya bangga bisa mengambil bagian dalam forum penting ini untuk mengembangkan respons yang efektif,” tutur Menhan Prabowo.

Artis pemenang EGOT John Legend, US Air Force Band Pasific, dan musisi terkenal Sandhy Sandoro menutup acara dengan penampilannya.

Topik dalam pertemuan ini antara lain pengamanan rantai pasokan pangan, inisiatif pendanaan ketahanan pangan global, dan inovasi dalam ruang ketahanan pangan.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi [email protected] atau Magdalena Ratih, Edelman Indonesia, +62-811-813-242.   



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x