Kompas TV advertorial

Mengenal WhatsApp Web untuk Permudah Komunikasi dengan Rekan Kerja

Kompas.tv - 8 November 2022, 15:00 WIB
mengenal-whatsapp-web-untuk-permudah-komunikasi-dengan-rekan-kerja
Ilustrasi WhatsApp Web (Sumber: Dok. Shutterstock)

KOMPAS.TV – WhatsApp adalah aplikasi penyedia layanan untuk berkomunikasi jarak jauh, seperti mengirim pesan dan melakukan panggilan. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia karena dinilai mudah digunakan, aman, dan dapat diandalkan (reliable).

Meski demikian, WhatsApp sempat mengalami server down yang membuat aplikasi ini tidak dapat dioperasikan selama beberapa waktu.

Dilansir dari laman ayovaksindinkeskdi.id, Selasa (25/10/2022), ratusan pengguna WhatsApp mengeluh tidak bisa mengirim pesan dan melakukan panggilan, baik dalam bentuk panggilan suara maupun video.

Seperti diketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh penggunanya untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja.

Oleh sebab itu, terjadinya eror pada aplikasi WhatsApp membuat para penggunanya kesal karena aktivitas mereka menjadi ikut terhambat.

Beruntung, WhatsApp menanggapi keluhan tersebut dengan cepat. Kini, aplikasi WhatsApp sudah bisa diakses seperti semula.

Baca Juga: Menyusul Facebook dan Instagram, Pengguna Whatsapp Kini Juga Bisa Pakai Stiker Avatar

Selain melalui aplikasi di ponsel, pengguna juga dapat mengakses layanan WhatsApp melalui WhatsApp Web di komputer atau laptop. Layanan yang dirilis pada 2015 ini memudahkan mereka yang lebih sering beraktivitas menggunakan komputer atau laptop, terutama di lingkungan kantor.

Ada beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi WhatsApp di ponsel, tetapi tidak tersedia pada WhatsApp Web. Fitur tersebut adalah panggilan suara dan video, pemberitahuan chat masuk, dan pengaturan download media.

Selain itu, pengguna WhatsApp Web tidak dapat mengunggah status dan melihat status orang lain, serta tidak dapat berbagi map atau lokasi terkini dengan orang lain.

Cara menggunakan WhatsApp Web

Menggunakan WhatsApp Web sangat mudah. Pertama, buka halaman web.whatsapp.com pada browser Anda. Halaman tersebut akan menampilkan kode quick response (QR) yang harus dipindai atau di-scan melalui aplikasi WhatsApp di ponsel agar dapat masuk ke akun Anda.

Untuk melakukan scan QR, Anda harus membuka aplikasi WhatsApp di ponsel, lalu klik “Menu” dan pilih “WhatsApp Web”. Kemudian, arahkan kamera belakang ponsel Anda ke kode QR yang ditampilkan WhatsApp Web pada layar komputer atau laptop.

Baca Juga: WhatsApp Error Tak Bisa Kirim Pesan, Warganet Keluhkan WhatsApp Down

Setelah kode QR terbaca oleh ponsel, akun WhatsApp Anda di ponsel akan terhubung secara otomatis ke akun WhatsApp Web. Anda pun dapat langsung menggunakan WhatsApp Web untuk melihat dan mengirim pesan.

Namun, penting untuk diingat, Anda tidak akan dapat mengakses WhatsApp Web tanpa login melalui aplikasi WhatsApp di ponsel. Oleh sebab itu, pastikan ponsel Anda memiliki jaringan internet yang stabil sehingga aplikasi WhatsApp dapat berfungsi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x