Kompas TV advertorial

Jangan Panik Ketika Air di Rumah Jadi Keruh! Ikuti Cara Berikut Ini

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 09:30 WIB
jangan-panik-ketika-air-di-rumah-jadi-keruh-ikuti-cara-berikut-ini
Ilustrasi air bersih yang menjadi salah satu kebutuhan primer sehari-hari manusia. (Sumber: Dok. iStock/ Kimia Market)

KOMPAS.TV – Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan primer manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk dikonsumsi, pemakaian air bersih sangat penting untuk mandi, mencuci, beribadah, hingga aktivitas lainnya.

Bahkan, air bersih bisa dipakai untuk melarutkan obat dan membawa bahan buangan industri sehingga limbah lebih mudah terurai.

Air bersih juga terbukti mencegah banyak penyakit di tubuh, seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit, hingga keracunan. Karena itu, ketersediaan air bersih sangat diperlukan di tiap rumah dan cukup untuk seluruh anggota keluarga.

Namun, tidak jarang akses terhadap air bersih menjadi sulit. Permasalahan yang sering ditemukan antara lain air yang tiba-tiba menjadi keruh, kotor, mulai berubah warna, hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Jika Anda mengalami masalah keterbatasan air bersih tersebut, berikup empat produk pilihan yang dapat membantu Anda mengatasinya.

Filter Air

Anda dapat menyusun beberapa media menjadi sebuah alat penyaringan sederhana dan alami sebagai alternatif pertama. Dengan filter air, Anda bisa menyaring air yang semula keruh menjadi bersih dan layak pakai. Filter air sederhana ini biasanya terdiri dari lima susunan.

  • Lapisan paling bawah adalah zeolit yang memiliki pori-pori berukuran molekuler. Dengan begitu, zeolit mampu menyaring molekul dengan ukuran tertentu. Dalam proses filter air ini zeolit bisa membunuh bakteri dan mengikat kandungan logam yang terkandung dalam air.
  • Susunan kedua yaitu karbon aktif yang mampu menyerap zat-zat atau mineral yang mencemari air.
  • Selanjutnya, ada pasir aktif untuk menghilangkan dan mengurangi kadar besi (Fe) dalam air tanah atau sumur bor.
  • Susunan keempat yaitu pasir MGS atau dikenal juga sebagai pasir mangan yang mampu menghilangkan zat mangan hitam. Pasir ini juga mampu menghilangkan kandungan besi (Fe) maupun mangan (MnO2) pada level rendah. Jadi, lapisan atas yang berminyak dalam air bisa hilang. 
  • Terakhir, pasir kuarsa untuk menghilangkan kandungan lumpur, tanah, partikel kecil dan sedimen pada air.

Kaporit

Kaporit adalah jenis desinfektan yang berbentuk bubuk putih atau tablet dan nantinya akan terpecah dalam air untuk menghasilkan oksigen dan gas klorin. Kaporit sering digunakan di kolam renang karena efektif membasmi bakteri-bakteri patogen yang terdapat di dalam air.

Meskipun lebih lazim ditemukan di kolam renang, Anda juga dapat menggunakan kaporit di rumah. Larutkan dahulu pada sedikit air, kemudian sebarkan di tiap media air yang perlu dijernihkan. Untuk hasil optimal, diamkan selama kurang lebih satu hari.

Kaporit yang memiliki bau khas ini perlu penggunaan sesuai takaran aman, yaitu 50–100 gram untuk 1000 liter air kotor.

PAC



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x