Kompas TV advertorial

Jakarta Mods Mayday Kembali Bangkit dan Bergerak di 2022

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 15:00 WIB
jakarta-mods-mayday-kembali-bangkit-dan-bergerak-di-2022
Poster acara Jakarta Mods Mayday 2022 yang akan diadakan Sabtu, 28 Mei 2022 di Lapangan Banteng dan di Epiwalk Jakarta. (Sumber: Dok. JMMD )
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Setelah hiatus selama dua tahun akibat pandemi global Covid-19, Jakarta Mods Mayday kembali diselenggarakan tahun ini.

Acara akan diselenggarakan pada Sabtu, 28 Mei 2022 dimulai dari titik kumpul Scooter Riding di Lapangan Banteng Jakarta Pusat dan dilanjutkan pada event festival di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Jakarta Mods Mayday (JMMD) adalah sebuah gerakan dan sekaligus festival berpilar utama otomotif motor skuter. Acara ini dikolaborasikan dengan musik dan fashion berlatarbelakang subbudaya Mods atau yang lebih dikenal subkultur Mods.

Subkultur Mods muncul pertama kali awal 1960-an dan terbentuk dari gerakan para pemuda underground di sudut distrik Soho West End, Inggris melalui semarak yang tercipta dari berbagai klub malam.

Mods sendiri diinisiasi para pekerja buruh muda kalangan menengah ke bawah yang didiskriminasi masyarakat karena derajatnya dianggap tidak sebanding kaum bangsawan.

Karena ketimpangan sosial tersebut para pemuda ini mulai melakukan pergerakan dengan menciptakan subkultural bernama Mods. Mods berasal dari kata modernist yang artinya tampil dengan gaya modis atau modern.

Pete Meaden sebagai salah satu tokoh Mods ternama menggambarkan subkultur ini dalam cara pandang "Hidup bersih dalam keadaan sulit".

Hal ini dianggap mampu memotivasi gaya hidup kaum muda kelas pekerja untuk mendedikasikan pendapatan mereka dalam mengembangkan penampilan yang cerdas dan berkelas.

Dengan semangat kelas pekerja, subkultur Mods dapat bertahan hingga saat ini dengan fokus pada skuter, musik, dan fashion. 

Bahkan, subkultur ini menyebar ke berbagai negara dan terus berlanjut berlanjut hingga hari ini dalam skala besar.

Perkembangan Mods Di Indonesia

Pertengahan tahun 1990-an, musik underground makin booming dengan berbagai genre yang berkembang, termasuk skinhead dan punk. Istilah Mods pada era 90-an ini belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Di Indonesia, budaya Mods mulai disadari sebagian kaum muda sejak tahun 2000 dimana skuter, musik, dan fesyen menjadi satu.

Gerakan Mods paling populer di Indonesia adalah Mods Mayday. Acara tahunan ini dirayakan para Mods dan scooterist di tiap kota selama bulan Mei.

Salah satu Mods Mayday terbesar diselenggarakan warga Jakarta melalui Jakarta Mods Mayday yang dimulai pada tahun 2008. Event pertama Jakarta Mods Mayday pada 2008 hingga hari ini adalah buah dari inisiasi Warriors Jakarta.

Pada tahun ini, JMMD 2022 kembali diselenggarakan Warriors Jakarta bekerja sama dengan Threego Indonesia dan mengusung tema ‘Direction-Reaction-Creation’.

Tiga pilar utama dalam JMMD 2022 adalah scooter, sound, dan style yang dikreasikan dalam bentuk Scooter Riding, Scooter Exhibition, Fashion Show, Talkshow, dan Music Performance.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x