Kompas TV advertorial

Wisuda Penerbang Ke-8, Bandung Pilot Academy Telah Cetak 350 Lulusan Pilot Unggulan

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 11:03 WIB
wisuda-penerbang-ke-8-bandung-pilot-academy-telah-cetak-350-lulusan-pilot-unggulan
Bandung Pilot Academy (BPA) melepaskan lulusan pilot unggulan dalam acara “Wisuda Penerbang 8 – Tahun 2021” di Bandung, Kamis, (23/12/2021). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Elva Rini

BANDUNG, KOMPAS.TV – Bandung Pilot Academy (BPA) resmi melepaskan lulusan pilot unggulan dalam “Wisuda Penerbang 8 – Tahun 2021” di Bandung, Kamis, (23/12/2021). Sepanjang berdiri, BPA telah meluluskan sebanyak 350 pilot yang telah berkarier di maskapai penerbangan di seluruh Indonesia.

Direktur BPA, Novin Wiryanto mengatakan, Bandung Pilot Academy memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan sekolah pilot lainnya.

Pertama, BPA membuka sekolah pilot untuk perempuan sejak berdirinya BPA pada tahun 2011. Kedua, BPA memiliki pesawat terbaru yaitu Tecnam P2006T untuk Program MER (Multi Engine Rating) yang mendukung penuh para kadet untuk memperoleh pendidikan unggul.

Ketiga, dan paling utama, BPA memiliki skema pembayaran yang memudahkan para orangtua kadet dalam menempuh pendidikan di BPA.

“BPA sangat fleksibel dalam pembayaran, ini bisa dinegosiasikan dan dibicarakan, dan kami sudah bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk mempermudah orangtua melakukan pembayaran dengan jangka waktu tertentu. Khusus untuk program beasiswa sedang kami godok untuk memberikan peluang bagi lulusan SLTA sederajat yang memiliki cita-cita sebagai penerbang, dan tentunya yang memiliki prestasi sangat baik di sekolah,” kata Direktur BPA, Novin Wiryanto.

Lulusan Bandung Pilot Academy juga telah menyebar dan bekerja di semua maskapai penerbangan nasional dan internasional. Sekolah penerbangan ini menyiapkan kadetnya dengan skillset yang dibutuhkan maskapai penerbangan.

Hal ini dikarenakan fasilitas lengkap dan teknologi termutakhir yang digunakan BPA, serta tersedianya training area di beberapa tempat yang mendukung penuh para kadet untuk memperoleh pendidikan unggul.

Direktur Bandung Pilot Academy (BPA), Novin Wiryanto. (Sumber: KompasTV)

Chief Flight Instructor BPA, Capt. Witjaksana menyebutkan, BPA memiliki tiga training area di Bandung dan lima training area di Pangandaran. Tak hanya itu, BPA juga menyediakan pesawat dengan jenis terbaru.

“Kita punya 12 pesawat, di antaranya 10 unit Cessna 172 SP dan 2 unit pesawat Multi-Engine Tecnam P2006T. Training area di Bandung ada 3, kalau penuh kita bagi di Pengandaran, ada 5 training area,” jelas Capt Witjaksana.

BPA memberikan program private pilot license, commercial pilot license, instrument rating, multi engine rating, dan ground airline transport pilot license dengan target pendidikan di Bandung Pilot Academy selama satu satu tahun, terbagi dalam berbagai ujian test.

Namun, jika kadet dapat melewati ujian atau lulus dengan cepat, maka pendidikan bisa dilakukan kurang dari satu tahun.

“Nantinya, sertifikasi yang akan diterima adalah PPL, CPL, IR (Instrument Rating), serta MER (Multi Engine Rating). Untuk lisensi PPL perlu 45 jam, CPL 155 jam, Multiengine 10 jam,” terangnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x