Kompas TV advertorial

Aktivitas Digital Melonjak, Pemerintah Kuatkan Jaringan Internet Jelang Nataru

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 13:58 WIB
aktivitas-digital-melonjak-pemerintah-kuatkan-jaringan-internet-jelang-nataru
Dialog Produktif dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) KPCPEN, Selasa (14/12/2021). (Sumber: Dok. KPCPEN)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gaya hidup masyarakat berubah seiring pandemi Covid-19. Salah satunya, aktivitas digital yang semakin menjadi kebutuhan terutama pada momen hari raya atau libur nasional.

Penggunaan fasilitas daring dan akses internet meningkat karena pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat (PPKM). Maka itu, pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak memberikan layanan internet yang lebih optimal pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sejalan dengan optimalisasi jaringan internet, pemerintah juga terus menggencarkan kampanye literasi digital.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ismail menyebutkan bahwa selama pandemi, aktivitas di ruang digital menjadi sebuah keniscayaan.

Tak hanya di Indonesia, tetapi setiap negara juga mengantisipasi perubahan kebutuhan digital masyarakat. Transformasi digital menjadi salah satu agenda dalam presidensi Indonesia di forum G20.

“Sangat penting untuk kita tingkatkan karena ini dalam rangka membangun atau surviving terhadap kondisi, baik untuk ekonomi, kesehatan, pendidikan dan semua sektor yang kita pindahkan ke ruang digital,” ujar Ismail.

Baca Juga: Jaga Kestabilan Stok, 300 Ribu Dosis Vaksin Pfizer Langsung Dikirim ke 7 Provinsi

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi pun terus dilaksanakan antara lain pembangunan jaringan backbone dengan Palapa Ring, penyiapan satelit multifungsi, serta upaya menuntaskan desa-desa yang belum mendapatkan koneksi jaringan 4G.

Ismail menegaskan infratruktur telekomunikasi Indonesia sudah cukup kuat dan menjangkau seluruh tanah air termasuk di kawasan 3T yang diutamakan.

“Daerah 3T menjadi fokus pemerintah,” tegas Ismail.

Terkait Nataru, Ismail mengimbau masyarakat merayakan dari rumah masing-masing. Maka itu, kebutuhan bandwidth menjadi lebih primer agar masyarakat dapat menjalankan komunikasi dan silaturahmi secara online.

Untuk itu, Kemkominfo bekerja sama dengan penyedia telekomunikasi meningkatkan layanan di area residensial atau perumahan yang menjadi tempat berkumpul.

“Pada Nataru perlu peningkatan kapasitas agar tidak terjadi layanan yang terputus, karena banyak orang melakukan akses pada saat bersamaan. Sehingga diantisipasi dengan koordinasi untuk penambahan kapasitas di area-area yang tinggi traffic-nya,” jelas Ismail.

Peningkatan kapasitas penggunaan internet meningkat dua kali lipat, berkisar 13 hingga 20 persen pada momen hari raya atau libur nasional. Selain itu, Ismail juga menekankan pentingnya peningkatan literasi digital masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x