Kompas TV advertorial

Vaksinasi Covid-19 Tembus 100 Juta Suntikan, Pemerintah Ingatkan untuk Tetap Jaga Prokes

Kompas.tv - 2 September 2021, 17:04 WIB
vaksinasi-covid-19-tembus-100-juta-suntikan-pemerintah-ingatkan-untuk-tetap-jaga-prokes
Konferensi Pers Media Center KPCPEN, (1/9/2021). (Sumber: Dok. KPCPEN)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gencarnya program vaksinasi yang kini telah mencapai 100 juta suntikan, menjadikan tingkat penambahan kasus, positivity rate, dan angka kematian Covid-19 terus melandai dalam sepekan terakhir.

Kendati demikian, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mengendurkan protokol kesehatan (prokes) agar tren positif ini dapat dipertahankan.

Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sebagian besar Kabupaten/Kota di tanah air juga ikut turun.

Di tingkat provinsi, kini hanya ada lima provinsi yang menerapkan PPKM Level 4. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, hal ini menunjukkan bahwa situasi penanganan pandemi di Indonesia semakin terkendali.

Secara nasional, tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 25 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Sementara, tingkat kematian akibat virus asal Wuhan Tiongkok ini tercatat juga menurun sebesar 37 persen.

Tren positif juga terlihat dari tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) yang terus berkurang ke kisaran 24 persen secara nasional.

Meski terjadi penurunan, pemerintah terus memperkuat pelaksanaan testing Covid-19 sebagai upaya deteksi dini penyebaran virus.

Baca Juga: Mutasi Virus Masih Bisa Terjadi, Masyarakat Diimbau Tidak Lepas Masker

“Melalui segala upaya untuk terus meningkatkan testing, Indonesia berhasil mencapai testing rate 2,87 per 1000 penduduk per minggu. Hampir 3 kali lipat dari standar WHO,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam Konferensi Pers Media Center KPCPEN (1/9/2021).

Peningkatan kapasitas testing terus dilakukan sejalan dengan tingkat positivity rate yang terus menurun, hingga mencapai 10,36 persen per akhir Agustus 2021.

Seluruh perkembangan tersebut, dikatakan Nadia memang tak bisa dilepaskan dari gencarnya   program vaksinasi di Indonesia.

Berdasarkan jumlah warga negara yang telah mendapatkan vaksinasi, lanjutnya, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-6 di dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x