Kompas TV video cerita indonesia

Madrasah Kembali Belajar 13 Juli 2020

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 09:30 WIB
madrasah-kembali-belajar-13-juli-2020
Proses kegiatan belajar mengajar diselenggarakan di sebuah MTs (Madrasah Tsanawiyah) di Provinsi Bengkulu (Gambar Ilustrasi) (Sumber: Kompas.com/Firmansyah)
Penulis : Agung Pribadi

Jakarta - Mulai 13 Juli 2020 Madrasah Tahun ajaran 2020/2021 resmi belajar secara daring ataupun tatap muka dengan mengikuti kebijakan pemda.

Melansir dari laman Kemenag.go.id Keputusan ini dapat dilakukan bila sudah memenuhi persyaratan sesuai SK Bersama 4 Menteri, dan berada di Zona Hijau serta disetujui Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 setempat, maka dibolehkan melakukan pembelajaran tatap muka seijin Kepala Kanwil Kemenag Provinsi atau Kepala Kankemenag Kab/Kota dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Ahmad Umar, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Jakarta, Minggu (12/07). 

"Sedangkan bila madrasahnya berada di luar zona hijau, maka proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi," tambahnya.

Surat Keputusan Bersama (SKB) tertanggal 15 Juni 2020 ditandatangani oleh Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri ini mengatur tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik Tahun 2020/2021.

Diantaranya adalah menetapkan Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah pada seluruh wilayah Kab/Kota di Indonesia.

Pembelajaran tatap muka ini tidak dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Ketentuannya, hanya satuan pendidikan yang berada di daerah Zona Hijau saja yang dapat melakukan pembelajaran tatap muka setelah mendapatkan izin.

"Pada bulan pertama, pembelajaran tatap muka hanya diberlakukan untuk MTs dan MA saja. Untuk MI, diberlakukan dibulan berikutnya jika statusnya masih Zona Hijau," ungkap Umar.

Direktorat KSKK Madrasah juga menjalin kerja sama dengan beberapa provider pulsa. (XL Axiata, Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan Tri) yang akan memberikan bantuan kuota internet dengan harga terjangkau bagi para pelajar, serta pendidik dan tenaga kependidikan madrasah untuk meringankan tugas mereka selama Pandemi Covid-19.

"Ada diskon harga hingga 60%. Paket kuota internet menjadi lebih terjangkau dan itu bisa dibiayai dari BOS sehingga siswa dan guru tidak perlu keluar biaya lagi," ucapnya.

Ada lima pilihan, yaitu 10GB (Rp40.000), 15GB (Rp50.000), 20GB (Rp60.000), 30GB (Rp85.000), dan 50GB (Rp100.000). Semua pilihan tersebut untuk masa aktif selama 30hari. "Satu nomor hanya boleh dapat satu kali paket data dalam sebulan," jelasnya.

Bersama Telkomsigma, Kemenag juga akan menyiapkan cloud server untuk penggunaan elearning madrasah. Keberadaan server ini diharapkan dapat memudahkan guru dan siswa mengakses elearning madrasah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x