Kompas TV video cerita indonesia

Program Makan Gratis Bagi Lansia di Kabupaten Jember

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 14:13 WIB
Penulis : Aryo bimo

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuat program makan gratis sebagai upaya membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19. Program makan gratis 3 kali sehari ini ditujukan khusus bagi lebih dari 1.000 warga lanjut usia, yang tersebar di 31 Kecamatan seluruh Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Program makan gratis merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten mengurangi dampak pandemi Covid-19, terutama bagi warga pra-sejahtera. Makanan disediakan oleh pengusaha katering yang berdomisili di sekitar Kabupaten Jember.

Tim kesehatan melakukan pengawasan langsung saat pengusaha katering melakukan pengolahan makanan. Tim kesehatan juga mengatur menu dan kandungan gizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lansia. Proses penyiapan makanan juga harus memenuhi standar kebersihan.

Perangkat Desa setempat melakukan pendataan lansia di setiap Kecamatan, agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Lansia yang disasar menerima bantuan adalah mereka yang tidak memiliki penghasilan,serta bergantung pada orang lain untuk bisa makan.

Program katering makan gratis 3 kali sehari akan dilakukan hingga bulan September 2020. Pembiayaannya menggunakan dana alokasi belanja tidak langsung, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x